7 Kelompok Orang yang Dilarang Minum Kopi: Penderita GERD hingga Insomnia
Ilustrasi kopi (Wade Austin Ellis on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tidak semua orang bisa dan boleh mengonsumsi kopi hitam. Ada juga kelompok orang yang dilarang minum kopi karena alasan kesehatan. Kriteria orang yang dilarang minum kopi, apapun jenisnya, harus diperhatikan agar tak memicu gangguan kesehatan.

Kelompok Orang yang Dilarang Minum Kopi

Minuman kopi sebenarnya mengandungkafein dan antioksidan. Kedua zat tersebut punya manfaat untuk kesehatan misalnya menjaga fungsi otak hingga membantu menghindari depresi. Namun, zat yang ada pada kopi membuat sebagian orang tidak bisa mengonsumsinya. Berikut ini kelompok orang yang harus menghindari kopi.

  1. Penderita GERD

Penderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) harus benar-benar memperhatikan asupan kafein. Pasalnya, kopi akan memicu naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. Saat itu terjadi akan memicu rasa tidak nyaman dan perih yang luar biasa. Penderita GERD disarankan untuk mengetahui efek minum kopi saat perut kosong.

  1. Wanita Hamil dan Menyusui

Wanita hamil dan menyusui tidak diperkenankan untuk mengonsumsi kafein. Hal ini sebagaimana ulasan tahun 2020 yang terbit di British Journal of Medicine. Dalam ulasan tersebut dikatakan bahwa tak ada tingkat asupan kafein yang aman bagi ibu hamil.

Hal yang sama juga berlaku untuk ibu menyusui. Mereka disarankan untuk mengurangi, bahkan menghentikan sementara kebiasaan mereka minum kopi alasannya sifat kafein adalah stimultan dan diuretik. Ibu menyusui berpotensi mengalami kekurangan cairan karena mengonsumsi kopi.

  1. Iritasi Usus Besar

Mantan presiden Washington State Academy sekaligus ahli gizi diet, Angels Planells menjelaskan bahwa kafein yang terkandung pada kopi mampu meningkatkan keteraturan usus, termasuk memicu diare. Oleh karena itu penderita iritasi usus besar (IBS) dianjurkan untuk menghindari kafein.

  1. Penderita Glaukoma

Glaukoma adalah gangguan pengelihatan karena kerusakan saraf mata yang biasanya terjadi karena tekanan tinggi di bola mata. Di sisi lain, tekanan intraokular akan bertambah pada pasien glaukoma ketika mereka minum kopi. Karena alasan itulah penderita glaukoma disarankan menghindari asupan kafein.

  1. Punya Riwayat Jantung

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah serta detak jantung. Oleh karena itu, seseorang yang punya riwayat jantung atau punya tekanan darah tinggi disarankan untuk menghindari kopi untuk menjaga jantung tetap sehat.

  1. Overactive bladder (OAB)

Overactive bladder adalah gangguan yang terjadi pada fungsi otot kandung kemih. Penyakit itu dapat memicu dorongan penderita untuk buang air kecil tiba-tiba. Kafein dapat menambah frekuensi dan urgensi seseorang saat buang air kecil.

  1. Orang Sulit Tidur

Jika Anda memiliki gangguan pada tidur disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dulu. Pasalnya kafein akan membuat gangguan tidur makin parah. Jika terpaksa harus minum kopi, Sleep Foundation menyarankan mengonsumsi maksimal enam jam sebelum tidur malam.

Itulah beberapa kelompok orang yang dilarang minum kopi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.