Minuman dan Makanan Pembersih Ginjal yang Perlu Diketahui
Ilustrasi minuman dan makanan pembersih ginjal (Freepik/8photo)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Detoksifikasi atau pembersihan ginjal bisa memanfaatkan minuman, makanan, dan teh alami yang dibuat sendiri di rumah. Meskipun membutuhkan lebih banyak penelitian untuk detoks ginjal dengan cara alami, namun pembersihan ginjal bermanfaat bagi kesehatan.

Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Yaitu batasi garam dalam makanan Anda dan minum lebih banyak air serta mengelola kolesterol, tekanan darah, dan menjalani gaya hidup yang sehat. Untuk detoksifikasi ginjal, biasanya mengonsumsi makanan, minuman, menjalani diet yang tujuannya membantu membersihkan ginjal.

minuman dan makanan pembersih ginjal
Ilustrasi minuman dan makanan pembersih ginjal (Freepik)

Ginjal adalah organ berbentuk kacang yang berada di bawah tulang rusuk, di punggung bawah. Ginjal bertugas menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membuang limbah dari darah sehingga signifikan dalam menjaga kesehatan. Tetapi secara umum, ginjal tidak memerlukan pembersihan khusus. Ginjal akan berfungsi dengan baik jika Anda minum cukup air dan banyak makan buah serta sayuran. Ginjal juga melepaskan tiga hormon penting, yaitu:

  1. Eritropoietin yang merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah.
  2. Renin yang mengatur tekanan darah, dan
  3. Calcitriol, bentuk aktif vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan keseimbangan kimia dalam tubuh.

Berdasarkan bukti ilmiah yang terbatas, berikut daftar minuman dan makanan pembersih ginjal.

Teh pembersih ginjal

Detoksifikasi ginjal disebut-sebut sebagai cara untuk mencegah batu ginjal yang dapat berkembang dari penumpukan kalsium, asam urat, dan oksalat dalam urin Anda. Pembersihan ginjal juga dikatakan membantu menjaga tekanan darah, meningkatkan fungsi saluran kemih, meningkatkan kekebalan, dan membersihkan racun dari tubuh.

minuman dan makanan pembersih ginjal
Ilustrasi minuman dan makanan pembersih ginjal (Freepik/8photo)

Pembersih ginjal berbahan herbal, biasanya diberikan dalam bentuk teh yang dikonsumsi dua atau tiga kali sehari. Beberapa ramuan herbal yang diklaim dapat mengobati masalah ginjal antara lain:

  1. Jahe yang dapat dipercaya membatasi toksisitas ginjal.
  2. Ginseng yang dapat membantu menyehatkan ginjal dengan cisplatin toksisitas.
  3. Kunyit diduga dapat mengurangi urea, mencegah peradangan pada ginjal, dan membantu mengeluarkan limbah.

Selain ketiga jenis teh herbal di atas, teh dandelion, semanggi merah, goldenrod, juniper, akar burdock, dan jelatang diklaim bisa membantu detoks ginjal. Melansir VerywellHealth, Rabu, 28 Februari, teh ini berfungsi diuretic, yaitu untuk membantu membilas ginjal dan membuang kelebihan limbah yang menumpuk di dalamnya. Tetapi penting sekali membicarakan pada dokter dan pelayanan medis. Pasalnya, ramuan herbal atau bahan alami tertentu bisa memengaruhi kesehatan.

minuman dan makanan pembersih ginjal
Ilustrasi minuman dan makanan pembersih ginjal (Freepik)

Makanan pembersih ginjal

Makanan pembersih ginjal ini, bisa dikonsumsi selama beberapa hari atau dalam jumlah terbatas. Tetapi sekali lagi, penting berkonsultasi pada dokter pribadi Anda supaya dicek secara keseluruhan. Beberapa makanan pembersih ginjal, antara lain sebagai berikut:

  1. Buah bit untuk meningkatkan aliran darah ke ginjal. Manfaat buah bit, ditunjukkan dalam studi kecil tahun 2021, namun membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menemukan manfaat nyata.
  2. Jus semangka dan lemon merupakan jus yang mengandung asam sitrat. Asam ini mengikat kalsium yang mencegah pertumbuhan kristal kalsium dalam ginjal.
  3. Jus cranberry terbukti secara terbatas dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih.
  4. Biji labu kuning diduga dapat mencegah penumpukan asam urat, salah satu senyawa penyebab batu ginjal.

Berdasarkan penelitian, asupan tinggi kalsium melalui makanan menurunkan risiko terkena batu ginjal. Tetapi mengonsumsi kalsium dari suplemen, justru berdampak sebaliknya dan meningkatkan risiko batu ginjal.