6 Jenis Tumbuhan Tropis yang Bisa Hidup di Dalam Ruangan
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tanaman tropis menghadirkan warna dan kesan rimbun pada rumah, meskipun Anda tinggal di iklim yang lebih dingin. Walau beberapa tanaman hias tropis terkenal karena bunganya yang menawan, tanaman lain disukai karena daunnya yang besar, berpola tidak biasa, atau beraneka ragam. 

Beberapa tanaman tropis memerlukan syarat dan ketentuan untuk tumbuh seperti tingkat kelembapan, cahaya, dan struktur tanah. Namun, ada juga jenis yang mudah tumbuh dimana saja. Sebagian besar tanaman tropis perlu tumbuh dengan tingkat kelembapan dalam ruangan antara 50 hingga 60 persen. 

Jika hunian Anda tidak memiliki kelembapan yang dibutuhkan, maka Anda dapat menempatkan tanaman tersebut di kamar mandi, ruang cuci, atau dapur yang biasanya memiliki tingkat kelembapan alami.

Baca terus untuk mengetahui tentang tanaman tropis apa saja yang bisa diletakkan di dalam ruangan, dilansir dari The Spruce, Jumat, 16 Februari.

Kuping Gajah Amazon (Alocasia x amazonica)

Telinga gajah Amazon merupakan tanaman khas dan punya tampilan anggun dengan daun hijau besar berbentuk panah bergaris perak. Tanaman ini jauh lebih mudah tumbuh di dalam ruangan dibandingkan kebanyakan spesies Alocasia dan memberikan tampilan dedaunan musiman yang indah. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini menyukai tanah pot yang subur dan cepat kering serta perlu disiram secara teratur. Pastikan tanah tetap lembab tapi hindari akar basah. 

Anthurium

Anda tentu kenal dengan tanaman ini karena pernah sangat populer dalam dekade terakhir. Anthurium atau bunga flamingo berbunga merah dan daunnya mengkilat. Tingginya sekitar 12-18 inci dengan kebutuhan perawatan sangat rendah. Tanaman ini menyukai cahaya terang tetapi tidak langsung. Jadi paling tepat diletakkan dekat jendela dan membutuhkan tanah dengan drainase baik supaya akarnya tidak mudah busuk.

Bird of Paradise

Tambahkan beberapa warna pada ruang tamu dengan tanaman berbunga. Tanaman bird of paradise atau tanaman burung cendrawasih memiliki bunga berwarna oranye yang cantik. Namun, sebagian besar tanaman tidak akan berbunga sampai berumur sekitar enam tahun, jadi pastikan Anda membeli tanaman dewasa jika ingin melihat bunganya.

Bromeliads (Bromeliaceae)

Bromeliad merupakan tanaman tropis yang paling mudah tumbuh. Epifit tropis (tanaman udara) ini mudah beradaptasi tumbuh di dalam pot. Tersedia dalam beragam warna, termasuk merah, hijau, ungu, oranye, kuning, dan dengan kombinasi pola dan tekstur. Bromeliad dapat ditanam di tanah pot yang cepat kering yang terdiri dari tanah berbahan dasar gambut dan pasir. Bromeliad juga bisa ditanam di papan atau batang kayu dan digantung di dinding. Siram setiap minggu tetapi hindari air menggenang.

Dieffenbachia (Dieffenbachia seguine)

Ini adalah jenis tanaman tropis yang paling mudah ditemukan, Untuk menanam tanaman populer dengan daun besar berwarna hijau dan putih ini, gunakan campuran pot yang cepat kering dan pupuk dengan campuran 20-20-20. Letakkan di tempat yang hangat (lebih dari 60 derajat Fahrenheit) dan bebas angin. Siram dua kali seminggu, dan kurangi air di musim dingin.

Palem Kentia

Pohon palem Kentia pada dasarnya adalah tanaman ruang tamu dan Anda bisa tempatkan di hampir setiap ruang tamu bergaya Victoria pada akhir tahun 1800-an. Pertumbuhannya lambat tetapi jika dilakukan dengan baik, akan terlihat menakjubkan di sudut ruangan Anda.