Jenis Makanan yang Harus Dihindari untuk Makan Malam Agar Tetap Sehat dan Tak Picu Obesitas
Ilustrasi makan malam (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada banyak makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat makan malam. Pasalnya, makanan tersebut akan memicu masalah kesehatan termasuk menyebabkan obesitas.

Seperti diketahui, makan malam biasanya dilakukan beberapa jam sebelum tidur. Artinya, tidak ada aktivitas fisik setelah mengonsumsi makanan tersebut. Karena alasan inilah memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat makam malam harus dilakukan. Selain itu disarankan untuk mengetahui jarak makan malam sebelum tidur.

Makanan yang Harus Dihindari untuk Makan Malam

Beberapa makanan yang jika dikunsumsi saat makan malam berpotensi memicu gangguan kesehatan, termasuk mengganggu kualitas tidur hingga menyebabkan kegemukan. Kondisi itu bisa terjadi karena zat yang terkandung dalam makanan. Lalu apa saja makanan yang perlu dihindari untuk menu makan malam?

  1. Makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi disarankan untuk tidak dikonsumsi saat makan malam. Pasalnya, karbohidrat akan sulit dicerna sehingga pembakaran karbo jadi energi akan sulit. Karbohidrat justru akan mengendap jadi lemak. Contoh makanan yang tidak disarankan untuk makan malam seperti nasi dan kentang.

  1. Makanan Terlalu Pedas

Hindari makanan yang terlalu pedas saat malam hari. Makanan jenis ini berpotensi mengganggu metabolisme pencernaan serta memicu produksi asam lambung. Saat pencernaan terganggu akan menyebabkan diaere yang berpengaruh pada gangguan kualitas tidur. Sedangkan peningkatan asam lambung memicu maag. Contoh makanan yang terlalu pedas adalah seblak, ayam geprek, atau makanan yang mengandung cabe.

  1. Makanan Tinggi Gula

Sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi gula untuk makan malam. Gula yang masuk ke dalam tubuh sebelum tidur akan menumpuk dalam tubuh karena tidak terbakar. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, risiko terburuk adalah terkena diabetes. Contoh makanan tinggi gula seperti kue, sereal, dan sebagainya.

  1. Kacang Tinggi Kalori

Kacang-kacangan memang punya manfaat baik untuk kesehatan. Namun tidak disarankan untuk dimakan saat makan malam karena tingginya kalori pada makanan tersebut. Disarankan untuk makan kacang-kacangan saat pagi hari.

  1. Pasta

Makanan jenis pasta memang banyak digemari. Selain lezat, cara memasaknya juga sangat mudah. Namun tidak disarankan untuk dijadikan menu makan malam. Pasta memiliki kandungan kalori yang tinggi serta dapat memicu produksi asam lambung. Contoh makanan berjenis pasta adalah spageti.

  1. Makanan Berminyak

Sudah jadi kebiasaan masyarakat mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Di sisi lain, mengonsumsi makanan tinggi minyak tidak dianjurkan untuk menu makan malam. Minyak yang terkandung pada makanan cukup sulit dicerna. Contoh makanan jenis ini seperti gorengan.

  1. Makanan Instan

Saat ini ada banyak jenis makanan instan yang dijual di pasaran. Sayangnya makanan jenis ini tidak dianjurkan untuk dijadikan menu makan malam. Makanan instan biasanya mengandung lemak jenuh, gula, dan kalori tinggi. Contoh makanan instan yang tidak disarankan untuk dijadikan menu makan malam adalah nugget, sosis, gudeg kaleng.

Setelah mengetahui daftar jenis makanan yang tidak disarankan untuk makan malam, Anda bisa mengikuti rekomendasi menu makan malam menurut ahli agar tetap sehat.

Disarankan pula agar masyarakat mengetahui batas makan malam untuk diet agar kesehatan tetap terjaga.

Itulah informasi terkait makanan yang harus dihindari untuk makan malam. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.