6 Cara Meningkatkan Kesehatan Liver Menurut Para Ahli
Ilustrasi cara meningkatkan kesehatan liver menurut ahli (Freepik/prostooleh)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kesehatan hati atau liver, penting untuk diperhatikan karena organ ini berfungsi penting bagi tubuh. Hati adalah organ padat yang memiliki 500 fungsi.

Peran utama hati antara lain mendukung metabolisme, detoksifikasi, dan fungsi kekebalan tubuh. Selain membantu memecah makanan yang dimakan menjadi energi, hati juga memecah zat tertentu dan mengurangi racun berbahaya bagi tubuh sehingga bisa dibuang dari aliran darah. Ditambah lagi, hati berperan dalam menjaga keseimbangan hormon, tutur ahli herbal medis Natasha Richardson. Untuk mendukung liver bekerja dengan baik dan tetap sehat, begini caranya.

1. Banyak makan makanan nabati

Menjaga ketercukupan nutrisi satu-satunya cara melindungi tubuh dari racun. Vitamin dan mineral mencegah racun keluar, tetapi hati membantu menghilangkannya. Melansir Vogue, Selasa, 6 Februari, hali gizi Lucy Miller menyarankan makan jenis makanan yang variatif tetapi lebih banyak makanan alami, diproses minimal, dan berbahan tanaman yang kaya akan antioksidan serta fitonutrien. Seperti brokoli, kangkung, kembang kol, dan kubis Brussel.

cara meningkatkan kesehatan liver menurut ahli
Ilustrasi cara meningkatkan kesehatan liver menurut ahli (Freepik/pvproductions)

2. Cukupi kebutuhan serat

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang-kacangan, artichoke, adas, dan burdock, membantu limbah tubuh mengalir cepat melalui usus besar. Usus perlu bekerja secara efektif agar proses detoksifikasi dapat berjalan dengan baik, jelas Miller. Protein dan asam lemak esensial juga meningkatkan proses detoksifikasi dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat pada hati.

3. Pilih bahan makanan organik

Untuk mengurangi tubuh terpapar makanan beracun secara teratur, Anda bisa memilih bahan makanan organik. Produk organik, kata Miller, lebih sedikit bahan kimia, pestisida, antibiotik, hormon sintetis, dan racun lainnya. Meski harganya sedikit lebih mahal dari bahan makanan pada umumnya, tetapi bisa memilih beberapa item saja yang organik, seperti ayam, sayuran, atau buah-buahan.

4. Minum minuman herbal

Sejumlah bahan herbal bisa diolah menjadi minuman yang melindungi hati dari racun. Ini juga menjaga sel-sel hati tidak menua dan mudah hancur. Di antaranya adalah cuka sari apel, teh kunyit, dan air perasan lemon dicampur air mineral.

5. Mulai detoksifikasi

Kalau Anda minum alkohol, penting mengenali batasannya. Kurangi juga minuman manis dengan pemanis buatan. Hindari pula makan makanan olahan, gluten, produk susu, telur, dan kedelai pada kondisi tertentu untuk mengurangi peradangan. Namun penting, detoks tidak dilakukan selamanya tetapi penting berkelanjutan.

6. Nikmati gaya hidup yang lebih sederhana

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, menerapkan gaya hidup lebih sederhana dan terorganisir membantu mencegah rasa frustasi, mudah tersinggung, dan kecemasan sering dikaitkan dengan penyakit hati. Saran Nunes, dapatkan tidur lebih awal, lakukan diet dengan berbagai sayuran dan makanan dimasak, serta melakukan hobi bisa membantu mencegah penyakit hati. Aktivitas lain, seperti olahraga fisik, bisa membangun keharmonisan tubuh.

Itulah cara meningkatkan kesehatan liver dengan langkah sederhana. Anda bisa melakukannya sebagai kebiasaan sehari-hari.