Mau Punya Rumah Bersih? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Setiap Minggu
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tak ada rasa yang lebih menyenangkan setelah seharian lelah beraktivitas di luar dan pulang ke rumah yang kondisinya bersih. Meski Anda tak selalu punya waktu membersihkan rumah tiap minggu.

Namun ada kebiasaan mingguan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah yang bersih secara keseluruhan. Bahkan, hanya dengan melakukan satu atau dua hal ini sebagai rutinitas, Anda sudah bisa meningkatkan kualitas dan suasana tempat tinggal. 

Declutter

Disadur dari Real Simple, Kamis, 1 Februari, sesi decluttering atau memilah barang agar tampak lebih rapi dan teratur yang dilakukan tiap minggu merupakan cara cepat mewujudkan rumah bersih. Terutama jika ada anak-anak, rumah jadi lebih berantakan. Tapi jika rutin mengembalikan barang-barang ke tempatnya, maka kekacauan bisa dicegah.

Bisa juga dengan teknik membuat jadwal sehingga pengerjaannya lebih mudah. Misalnya, coba rapikan dapur pada hari Jumat dan rapikan ruang tamu pada hari Minggu di minggu ketiga setiap bulan.

Mengepel lantai

Mengepel lantai secara rutin seminggu sekali meminimalisir risiko tertular penyakit akibat tumpukan patogen di permukaan lantai. Debu, bulu binatang, dan tungau adalah beberapa pemicu alergi yang terdapat pada lantai kotor. Membersihkan lantai secara rutin dapat mengurangi paparan alergen dan menurunkan risiko alergi.

Rutin vacuum

Sangat penting membersihkan dan menyedot debu setiap minggu. Terutama di area yang paling sering dilalui dan di celah-celah furniture. Ini bukan hanya soal kebersihan, tetapi juga memperpanjang umur benda Anda.

Jika tidak punya waktu untuk menyedot debu, coba gunakan mesin vacuum robot. Anda dapat menjalankannya setiap malam dan menghemat banyak waktu dan tenaga. Menyedot debu dan membersihkan debu juga bisa membuat rumah Anda wangi.

Membersihkan kamar mandi 

Tidak hanya lantai rumah, kamar mandi pun butuh perhatian untuk dibersihkan juga. Menggosok toilet, wastafel, pancuran atau bak mandi, serta membersihkan cermin dan perlengkapan rumah, setiap minggu adalah hal yang bermanfaat.

Membersihkan dan Merapikan Dapur

Membersihkan peralatan makan dan masak, wastafel, serta memeriksa kulkas untuk mencari barang-barang kadaluarsa. Akan menjaga dapur tetap higienis dan menyenangkan. Ingat, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu di dapur. Bahkan hanya dengan mengelap sebentar untuk menyegarkan dapur setelah membersihkan makan malam. Akan meningkatkan kebersihan rumah secara keseluruhan.