Biar Terlihat Selalu Baru, Ikuti 6 Tips Merawat Sweater Rajut
Ilustrasi tips merawat sweater rajut biar terlihat selalu baru (Freepik/ansiia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketika suhu udara rendah, tubuh memerlukan pakaian hangat. Sweater rajut salah satu pilihannya di samping outer lainnya yang bertekstur tebal dan hangat. Tetapi ternyata, merawat sweater rajut supaya terlihat selalu baru, perlu menghindari langkah tertentu. Meskipun sweater rajut berkualitas tinggi, tetap saja membutuhkan perawatan khusus supaya tenunan benang tidak melar atau bahkan lepas. Untuk itu, ikuti tips merawat sweater rajut berikut ini.

1. Jangan disimpan dengan digantung

Pakaian berbahan tertentu baiknya disimpan dengan digantung menggunakan hanger. Tetapi untuk sweater rajut, sebaliknya. Jangan disimpan dengan digantung. Lebih baik dilipat supaya ikatan benang tidak meregang terutama bagian bahu dan keliman. Agar sweter Anda tahan lama, lipat dan letakkan di laci atau rak. Tips lainnya, hindari menyimpan lipatan sweater rajut dalam laci yang terlalu penuh.

2. Cuci dengan tangan

Mengucek secara lembut merupakan cara paling tepat mencuci outfit yang dirajut. Mencucinya dengan lembut atau mencuci pakai tangan, merupakan metode terbaik untuk membersihkannya. Selain itu, saat mencuci pakailah formula deterjen yang lembut. Tujuannya agar sweater rajut umurnya lebih panjang.

tips merawat sweater rajut biar terlihat selalu baru
Ilustrasi tips merawat sweater rajut biar terlihat selalu baru (Freepik)

3. Hindari memakai pengering

Beberapa sweter aman untuk dikeringkan menggunakan alat pengering pakaian. Tetapi melansir All Women’s Talk, Minggu, 21 Januari, pengering itu tidak didesain untuk semua sweter. Hal ini juga berisiko mengecilkan ukurannya. Sebaiknya biarkan sweter Anda mengering hingga rata setelah diangin-anginkan. Menggantungnya dalam keadaan basah dapat menyebabkan banyak peregangan, bahkan sampai merusaknya. Dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengeringkannya di udara tetapi ini perlu dilakukan supaya tidak mengubah ukuran atau merusak rajutannya.

4. Jangan meregangkan sweater rajut

Menarik bagian lengan atau mengikat bagian bawah supaya terlihat fit body, bisa meregangkan rajutan. Tentu saja ini bisa merusak tekstur sweater rajut. Untuk tetap bergaya, Anda bisa menambahkan jenis pakaian lainnya. Misalnya tambahan seperti kemeja termal untuk menutup hingga jari tangan.

5. Jangan memotong benangnya yang lepas

Hampir semua pemilik sweater rajut merasakannya. Bagaimana ketika satu benang mencuat, dan dengan tergesa memotongnya. Ini tidak akan membuat ikatan mengencang dan lebih rapi. Maka lebih baik berhati-hati dalam memperbaiki benang yang lepas dari rajutannya. Lebih baik tautkan pada rajutan kembali daripada memotongnya.

tips merawat sweater rajut biar terlihat selalu baru
Ilustrasi tips merawat sweater rajut biar terlihat selalu baru (Freepik)

6. Simpan dengan hati-hati

Karena terlalu berisiko jika hanya dilipat dan ditumpuk bersama pakaian lainnya. Menyimpan sweater rajut perlu berhati-hati. Sarannya, simpan dalam boks atau kardus pakaian kecil. Lipat rapi dan tambahkan pewangi kering untuk mengusir ngengat serta menjaganya tetap harum.

Itulah keenam tips merawat dan menyimpan sweater rajut agar selalu terlihat baru. Kalau Anda memiliki koleksi jenis outfit ini, penting untuk mengaplikasikan tips di atas.