Sebelum Botak karena Rontok, Berikan 5 Perawatan Alami Ini untuk Pertumbuhan Rambut
Ilustrasi perawatan alami untuk pertumbuhan rambut (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memiliki rambut yang tebal dan sehat kerap jadi idaman. Ternyata banyak faktor yang memengaruhi petumbuhannya, bisa karena genetik atau faktor lainnya. Begitu pula dengan kerontokan rambut, yang ternyata juga berkaitan dengan banyak aspek. Seperti pola hidup, stres, kesehatan mental, hingga kesehatan fisik. Apabila Anda sedang berupaya mencegah kerontokan rambut atau mendorong pertumbuhan rambut lebih banyak, ketahui berikut perawatan alami untuk pertumbuhan rambut dan cegah kebotakan karena rontok.

1. Makan lebih banyak protein

Makan makanan tinggi protein, seperti kacang-kacangan, bisa membantu menumbuhkan rambut baru. Untuk menumbuhkan rambut baru, tubuh memerlukan protein. Penting dikenali, kalau rambut Anda rontok, bisa disebabkan karena kekurangan protein. Maka Anda bisa memenuhi kebutuhan protein tubuh dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti kacang polong, telur, daging, ikan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan biji-bijian.

2. Tingkatkan asupan zat besi

Selain protein, zat besi juga membantu tubuh menumbuhkan rambut sehat. Beberapa sumber zat besi dari makanan, termasuk bayam, kacang-kacangan, daging sapi tanpa lemak, kalkun, tiram, biji labu, dan remis.

perawatan alami untuk pertumbuhan rambut
Ilustrasi perawatan alami untuk pertumbuhan rambut (Freepik)

3. Mencoba aromaterapi

Menurut penelitian dilansir Medical News Today, Kamis, 18 Januari, aromaterapi dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Misalnya, ramuan herbal yang mungkin digunakan oleh praktisi aromaterapi, seperti kayu cedar, lavender, rosemary, timi, dan tulsi.

Saat menggunakan minyak esensial pada kulit kepala, pastikan mencampurkan beberapa tetes saja ke dalam minyak pembawa, seperti minyak kelapa atua minyak kenari. Menurut para peneliti, menghirup aroma minyak tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan rambut. Karena beebrapa orang mengalami alergi topikal saat menggunakan minyak esensial, jadi cob ates kecil 24 jam sebelum mengoleskan campuran minyak ke seluruh kulit kepala.

4. Memijat kulit kepala

Memijat kulit kepala membantu merangsang aliran darah ke kulit kepala. Ini akan mendorong pertumbuhan rambut. Menurut penelitian kecil di Jepang menemukan, pria yang memijat kulit kepala mereka selama 4 menit per hari dengan alat pijat kulit kepala memiliki rambut yang lebih tebal setelah 6 bulan. Saat memijat, bisa menggunakan bantalan ujung jari untuk kulit kepala. Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar yang lembut.

5. Mengonsumsi minyak biji labu

Mengonsumsi minyak biji labu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini dibuktikan oleh penelitian yang mengamati manfaat biji labu pada pertumbuhan rambut. Partisipan pria diminta mengonsumsi 400 miligram minyak biji labu selama 6 bulan. Mereka mengalami peningkatan rata-rata sebesar 40 persen.

Di atas merupakan kelima perawatan untuk membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan. Penting untuk diidentifikasi tentang penyebab rambut rontok. Selain melakukan perawatan di atas, Anda perlu mengatasi akar penyebabnya sehingga lebih efektif.