Apa itu Ritme Sirkadian? Pentingnya Memahami Jam Kerja Biologis Tubuh
Ritme sirkadian (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setiap tubuh orang memiliki jam internal atau sistem kerja otomatis yang disebut dengan ritme sirkadian. Biasanya istilah ritme sirkadian kerap dikaitkan dengan pola atau kualitas tidur. Namun belum banyak yang tahu apa itu ritme sirkadian dan seberapa penting fungsinya bagi kesehatan tubuh.

Tanpa disadari, siklus tidur-bangun merupakan proses internal dan alami dalam kerja biologis tubuh manusia. Ritme sirkadian adalah pola tidur yang berulang-ulang dalam setiap 24 jam. Jadi kerja biologis tubuh kita selama satu hari telah digerakkan oleh jam sirkadian. 

Ritme sirkadian berperan memastikan organ tubuh bekerja secara optimal dalam waktu 204 jam. Misalnya otak kita mengatur waktu tidur, suhu tubuh, pola makan, produksi hormon, dan sebagainya. Lantas apa itu ritme sirkadian yang perlu dipahami oleh setiap orang demia menjaga gaya hidup dan kesehatannya. 

Apa Itu Ritme Sirkadian?

Ritme sirkadian adalah proses internal atau kerja biologis alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang berulang-ulang selama setiap 24 jam. Fungsi dari ritme sirkadian adalah sebagai jam internal yang mengatur kinerja tubuh. Misalnya kapan waktu kita terbangun dan tidur dipengaruhi oleh ritme sirkadian. 

Cara kerja ritme sirkadian terhubung ke otak dan dipengaruhi oleh langsung oleh isyarat yang dirasakan tubuh setiap orang. Misalnya ketika tubuh menerima isyarat lingkungan, seperti lampu di malam hari, cahaya matahari pagi, suara sunyi, suara hewan, dan sebagainya. 

Pentingnya Ritme Sirkadian bagi Kesehatan

Lantaran berkaitan dengan sistem kerja tubuh setiap orang, maka penting untuk memahami cara kerja ritme sirkadian. Setiap orang perlu mengetahui jam kerja tubuh, sehingga bisa menerapkan pola hidup yang tepat sesuai dengan kebutuhan atau kondisi tubuhnya. Dengan makan untuk mengisi energi dan tidur untuk istirahat, maka bisa membuat kinerja organ tubuh berfungsi secara maksimal. 

Setiap organ tubuh manusia memiliki jadwal-jadwal sendiri dalam bekerja. Dengan memahami jadwal dan ritme tubuh maka akan berguna untuk membantu meningkatkan aktivitas sehari-hari. Sebab ritme ini mempengaruhi banyak proses dalam tubuh, seperti makan, tidur, bangun tidur, aktivitas fisik, dan pikiran, dan sebagainya. 

Dengan menjalani hidup sesuai ritme sirkadian maka sangat membantu meningkatkan kualitas hidup. Pola hidup yang teratur dan terjaga tidak hanya berperan dalam meningkatkan kesehatan fisik, namun juga menjaga kesehatan mental. 

Gaya hidup di era modern ini seringkali mempengaruhi perubahan ritme sirkadian setiap orang. Misalnya gaya hidup hustle culture atau bekerja terlalu keras, terbiasa begadang, makan tidak sesuai waktu, dan sebagainya. Penting untuk memahami dan selalu memperhatikan ritme sirkadian dalam menjalani hidup. 

Cara Kerja Ritme Sirkadian

Ritme sirkadian bekerja dengan mengoordinasikan sistem fisik dan mental di seluruh tubuh. Ritme ini akan berfungsi dengan terhubung dari sel-sel otak yang merespon isyarat lingkungan, seperti cahaya gelap dan terang. 

Respon isyarat tersebut ditangkap oleh mata, kemudian dikirimkan dalam bentuk sinyal ke sel-sel tubuh. Sinyal tersebut menjadi isyarat kapan waktu tubuh seseorang harus terbangun atau terlelap di malam hari. 

Sel-sel tersebut juga mengirim lebih banyak sinyal ke bagian lain di otak guna mengaktifkan fungsi lainnya. Proses kerja sel dan pengiriman sinyal ini akan membuat kita lebih lelah atau waspada. Hormon juga memiliki ritme peran penting dalam ritme ini. Misalnya hormon melatonin dan kortisol bisa baik atau turun sebagai bagian dari ritme sirkadian. 

Kortisol adalah hormon yang membuat tubuh manusia lebih waspada. Tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon ini di pagi hari. Sementara melatonin adalah hormon yang menimbulkan rasa kantuk. Tubuh melepaskan hormon ini lebih banyak di malam hari dan meminimalisirnya saat pagi tiba. 

Suhu tubuh dan metabolisme juga termasuk dalam aspek yang dipengaruhi ritme sirkadian. Suhu tubuh akan turun ketika Anda tidur dan naik kembali selama terjaga. Tingkat metabolisme tubuh juga diatur oleh ritme sirkadian. Selain itu, ritme sirkadian juga bekerja berdasarkan aktivitas fisik, jam kerja, dan gaya hidup yang dijalani. Faktor usia juga ikut berpengaruh dalam ritme sirkadian.  

Demikianlah ulasan mengenai apa itu ritme sirkadian dan pentingnya bagi kesehatan tubuh. Setiap orang perlu mengetahui dan memahami ritme sirkadian tubuh mereka untuk bisa menerapkan gaya hidup sehat yang tepat. Baca juga cara mengatur tidur kerja shift malam

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.