5 Tanaman Hias Populer yang Ternyata Berbahaya bagi Anjing
Ilustrasi (Erik Izsof/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki tanaman hias di rumah tentu punya banyak manfaat seperti menyegar ruangan, memurnikan udara, serta mempercantik rumah. Sayangnya, meski baik bagi rumah dan manusia, keberadaan tanaman hias di rumah bisa menjadi ancaman bagi anjing peliharaan. 

Pasalnya, ada beberapa tanaman hias dalam ruangan yang beracun bagi anjing, bahkan berakibat fatal.  Kandungan racun pada tanaman hias ini berbeda-beda, dari rendah, sedang, hingga sangat beracun bagi anjing. Tak heran, efek yang ditimbulkannya pun berbeda bila anjing peliharaan tak sengaja memakannya. 

Karena itu, penting mengetahui serta menyingkirkan tanaman hias ini dari rumah bila memiliki anjing peliharaan. Dilansir dari The Spruce, Senin, 15 Januari, berikut lima tanaman hias populer yang ternyata berbahaya bagi anjing.

Fiddle Leaf Fig

Fiddle leaf fig atau kimundung merupakan salah satu tanaman hias populer yang ternyata bahaya bagi anjing jika tertelan. Kimundung menjadi salah satu tanaman kesukaan para desainer interior sebab ukurannya yang sedang dan punya daun besar berbentuk seperti biola. 

Jika anjing kesayangan Anda tidak sengaja menelan daun kimundung, maka akan sebabkan iritasi kulit dan saluran cerna. 

Philodendron

Philodendron adalah genus besar tanaman tropis yang disukai para pencinta tanaman hias dalam ruangan karena dedaunannya yang menakjubkan dan perawatannya yang mudah. Meskipun varietas philodendron tidak berbahaya jika disentuh, tapi cukup beracun bagi anjing dan kucing jika tertelan. Gejala keracunan philodendron antara lain iritasi mulut, bengkak, muntah, kesulitan bernapas, dan air liur berlebihan.

ZZ Plant

Tanaman ZZ (Zamioculcas zamiifolia) semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena dapat bertahan hidup dalam situasi minim cahaya. Tanaman ZZ ditanam dari rimpang, yang berarti tanaman ini jarang disiram, sehingga menjadikannya tanaman hias yang perawatannya rendah secara keseluruhan. Sayangnya, tanaman ZZ beracun bagi anjing dan kucing jika tertelan dan dapat menyebabkan gejala khas keracunan kalsium oksalat seperti muntah dan diare.

Aloe Vera

Lidah buaya, yang memiliki banyak kegunaan bagi manusia, secara paradoks bisa menjadi sangat beracun jika tertelan oleh anjing. Lidah buaya adalah spesies tanaman sukulen yang berasal dari Asia dan dibudidayakan di seluruh dunia untuk keperluan pengobatan dan pertanian. Lidah buaya adalah tanaman yang perawatannya relatif rendah dan mudah berkembang biak sehingga juga menjadikannya tanaman hias yang umum.

Meskipun lidah buaya tidak berbahaya bagi manusia, namun beracun bagi anjing jika tertelan dan akan menyebabkan gejala seperti lesu, muntah, dan masalah pencernaan.

Bird of Paradise

Tanaman bunga cendrawasih (Strelitzia reginae) adalah tanaman hias tropis asli Afrika Selatan. Bunga cendrawasih menjadi populer sebagai tanaman hias karena memiliki daun yang besar serta bunga oranye dan biru yang menyerupai burung sedang terbang. Sayangnya, bunga tersebutlah menjadi bagian paling beracun dari tanaman hias ini.

Gejala keracunan tanaman cendrawasih, antara lain iritasi gastrointestinal yang mengakibatkan mual, muntah, serta mengantuk. Namun, perawatan yang cepat dan tepat dapat membantu anjing yang keracunan sembuh total.