6 Tips Membuat Tanaman Sirih Gading Tumbuh Lebat
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sirih gading atau pothos adalah salah satu tanaman hias paling populer. Daunnya yang menarik dan berbentuk hati, penampilannya yang bersulur, dan kemampuannya untuk membersihkan udara di dalam ruangan menjadi daya tarik tanaman ini. 

Tidak heran sirih gading menjadi pilihan ideal tanaman hias dalam ruangan alias tanaman hias indoor di rumah maupun di kantor. Penampilan tanaman sirih gading yang lebat pun dipandang memikat sebagai elemen dekorasi. Namun, bagaimana cara membuat sirih gading lebih lebat? 

Dilansir dari The Spruce, Kamis, 11 Januari, ada tujuh cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tanaman sirih gading lebih lebat.

Pemangkasan Reguler

Memangkas tanaman secara teratur akan merapikan penampilannya dan merangsang pertumbuhan baru. Pemangkasan paling baik dilakukan selama masa pertumbuhan aktif di musim semi atau musim panas. Hindari pemangkasan pada musim gugur atau musim dingin ketika tanaman cenderung tidak menghasilkan pertumbuhan baru.

Perbanyak Tanaman

Cara memperbanyak tanaman pothos termasuk cepat dan mudah. Anda dapat menanam kembali tanaman yang baru berakar bersama tanaman induknya untuk membuat pothos lebih lebat. Atau bisa juga dilakukan dengan teknik stek batang dan sebaiknya dilakukan pada musim semi atau musim panas. Buang semua daun dari bagian bawah stek. Masukkan potongan batang ke dalam air dan letakkan di tempat yang mendapat cahaya terang dan tidak langsung.

Berikan Cahaya yang Cukup

Mendapat cahay yang cukup adalah salah satu cara termudah membantu sirih gading tumbuh subur dan lebat. Tanpa cahaya yang cukup, pertumbuhannya akan melambat dan menghasilkan daun lebih kecil untuk menghemat energi dan bertahan hidup. Sayangnya, memindahkan tanaman Anda ke lokasi yang lebih terang tidak serta merta memperbaiki pertumbuhan tanaman yang sudah ada, namun akan mendorong pertumbuhan baru yang kuat.

Sering Disiram

Pothos harus disiram setelah 1 hingga 2 inci bagian atas tanah sudah mengering. Meski tanaman ini bisa tahan kekeringan,  tetapi jika sering terendam air dedaunannya akan rusak. Sirami tanaman secara teratur, terutama selama masa pertumbuhan aktif di musim semi dan musim panas.

Tambahkan Moss Pole

Menambahkan moss pole pada tanaman photos bisa mendorong pertumbuhan daun yang lebih besar sehingga nantinya akan terlihat lebih subur. Anda bisa membuat moss pole atau membelinya di pusat pembibitan atau taman.

Tambahkan tiang ke dalam pot dan kencangkan tanaman merambat menggunakan ikatan pelintir atau zip. Pada akhirnya, tanaman Anda akan mulai menempel pada tiang dalam beberapa bulan. Jaga kelembaban moss pole agar sirih gading Anda dapat tumbuh merambat pada pole.

Tambahkan Pupuk

Lapisi tanah tanaman dengan kompos atau berikan larutan rumput laut cair ke sirih gading sekali atau dua kali sebulan untuk mendorong pertumbuhan dedaunan yang kuat. Jika memilih pupuk padat, taburkan jumlah yang disarankan di atas tanah dan aduk perlahan menggunakan sekop tangan. Pertimbangkan pupuk dengan formula yang mengandung nitrogen. Jika menggunakan pupuk cair, gunakan pupuk serbaguna dengan kekuatan setengahnya setiap empat hingga enam minggu.

Waktu terbaik memberi makan tanaman sirih gading adalah saat tanaman berada dalam musim tanam aktif di musim semi dan musim panas. Tunda pemberian pupuk di musim gugur dan musim dingin.