9 Jenis Tanaman Hias Hoya yang Bikin Rumah Makin Adem
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Hoya merupakan genus besar tanaman berbunga tropis dalam keluarga Apocynaceae dengan lebih dari 500 spesies. Biasa juga disebut tanaman lilin, tanaman hias hoya merambat ini berasal dari Asia dan berkerabat dekat dengan tanaman milkweed di kawasan Amerika Utara.

Hoya populer sebagai tanaman hias karena dedaunannya tebal, bunganya menarik, serta minim perawatan. Ditambah lagi, spesies hoya sangat bervariasi dalam bentuk dan kebiasaan pertumbuhan, menjadikannya tanaman hias ini makin digemari. 

Penasaran apa saja jenis tanaman hias hoya yang cocok untuk di rumah? Berikut VOI himpun informasinya dari The Spruce, Selasa, 9 Januari.

Hoya Carnosa

Hoya carnosa adalah jenis hoya yang paling umum dan populer untuk ditanam di dalam ruangan. Tanaman ini dapat ditemukan di sebagian besar pembibitan dan toko tanaman dalam ruangan. Hoya carnosa memiliki ciri tanaman merambat panjang yang ditutupi daun lonjong tebal yang terkadang berbintik-bintik putih. Ada banyak varietas dan kultivar carnosa yang tersedia, populernya antara lain 'Compacta', 'Krimson Princess', dan 'Tricolor'.

Hoya Carnosa Compacta

Juga disebut tanaman tali Hindu, hoya carnosa 'Compacta' adalah jenis hoya carnosa yang populer. Sebab dikenal dengan daunnya yang berkerut dan melengkung dan tumbuh di sulur tebal seperti tali. Ini adalah varietas yang tumbuh lambat dan disukai karena minim perawatan.

Hoya Pubicalyx

Hoya pubicalyx semakin populer berkat bentuk daun runcingnya. Ada beberapa jenis pubicalyx, paling umum adalah 'Splash', 'Black Dragon', 'Pink Silver', dan 'Red Buttons'. Hoya ini perawatannya rendah dan memiliki tingkat pertumbuhan sedang. Tanaman ini tumbuh paling baik dalam cahaya terang dan tidak langsung serta campuran tanah tebal dan memiliki drainase baik.

Hoya Kentiana

Spesies berdaun runcing, hoya kentiana memiliki daun serupa bentuk edamame dengan pinggiran hijau tua dan merah marun. Jarang dan sulit ditemukan, sering kali disimpan oleh para kolektor dan penggemar hoya. Anda bisa meletakkan tanaman ini di tempat terang, hangat, dan lembab untuk membantunya berkembang.

Hoya Kerii

Juga dikenal sebagai tanaman sayang atau hoya Valentine, hoya kerrii terkenal dengan daunnya yang besar dan berbentuk hati. Anda biasanya akan melihat tanaman ini dijual dalam bentuk stek berdaun tunggal. Namun sebenarnya yang terbaik adalah membeli tanaman lengkap karena daun tunggal biasanya tidak memiliki buku untuk menumbuhkan dedaunan baru. Ada beberapa jenis hoya kerrii yang populer, termasuk hoya kerrii 'Variegata', dan hoya kerrii “Splash”.

Hoya Mathilde

Hoya mathilde adalah hasil persilangan antara hoya carnosa dan hoya serpens. Daunnya bulat kecil dan ukurannya relatif kecil dibandingkan varietas lainnya. Meskipun hoya serpens sulit ditemukan, hoya mathilde sering kali dijual di pembibitan dan rumah kaca. Akan lebih baik jika diberi teralis sebagai media rambat. Jika tumbuh dengan baik, hoya mathilde akan berkembang dengan cepat.

Hoya Serpens

Hoya serpens terkenal dengan daunnya yang bulat kecil dan bunganya yang unik berwarna hijau muda. Dibandingkan dengan jenis hoya lainnya, perawatannya dianggap agak sulit tetapi juga tumbuh cepat dalam kondisi yang tepat. Kuncinya adalah menjaga kelembapan tetap tinggi dan suhu tetap hangat.

Hoya Krohniana

Hoya krohniana memiliki daun kecil agak berbentuk segitiga. Tanaman ini tumbuh paling baik dalam cahaya terang dan tidak langsung. Hoya krohniana tidak cocok hidup di tempat dengan cahaya rendah atau sinar matahari langsung. Bunganya berwarna putih krem ​​dengan wangi yang manis.

Hoya Australis

Ini adalah jenis hoya yang umum dan populer. Sekilas terlihat mirip dengan hoya carnosa, namun ada beberapa perbedaan halus yang dapat membantu Anda membedakan keduanya. Hoya australis memiliki daun lebih bulat. Daunnya juga sedikit lebih tipis dibandingkan dedaunan carnosa yang tebal dan licin. Tanaman ini dianggap mudah tumbuh dan dirawat serta menikmati cahaya terang dan tidak langsung.

Terkait