6 Buah dan Sayur Berwarna Ungu yang Kaya Antosianin, Bermanfaat untuk Kesehatan
Ilustrasi buah dan sayur berwarna ungu yang bermanfaat untuk kesehatan (Freepik/stocking)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Buah dan sayur yang berwarna ungu, ini merupakan tanda mengandung antosianin. Antosianin ialah salah satu fitonutrien yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Berikut dipaparkan daftar buah dan sayur berwarna ungu yang baik untuk kesehatan.

1. Kentang ungu

Berbeda dengan kentang pada umumnya yang ditemukan di pasar. Kentang yang berwarna ungu ini mengandung antioksidan 2-3 kali lipat dari kentang putih. Selain juga mengandung antosianin, kentang ungu juga kaya akan potasium, magnesium, vitamin C, dan serat.

2. Plum

Plum adalah salah satu makanan ungu pertama yang dipikirkan orang. Semakin pekat warna pada buah, semakin banyak pula antosianinnya. Buah yang matang juga memiliki lebih banyak nutrisi yang dapat digunakan. Kulitnya bisa mengandung antioksidan 20 kali lipat dibandingkan daging di dalamnya.

buah dan sayur berwarna ungu yang bermanfaat untuk kesehatan
Ilustrasi buah dan sayur berwarna ungu yang bermanfaat untuk kesehatan (Freepik/Azerbaijan_stockers)

3. Ceri merah

Warnanya mungkin tak langsung bisa disebut ungu, tetapi warna kemerahan pada kulit buah diperkaya dengan antosianin. Ceri merah bermanfaat menurunkan tekanan darah, menjaga pembuluh darah tetap sehat, serta membangu mengatasi masalah persendian seperti osteoarthritis dan asam urat. Ceri juga kaya akan nutrisi yang membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

4. Anggur

Berbagai macam varietas anggur, tetapi anggur berkulit ungu, merah, dan hitam kaya akan antosianin. Melansir WebMD, Minggu, 7 Januari, Buah yang kaya akan air ini juga mengandung resveratrol, yang dapat mendukung perlindungan sel-sel dari kerusakan yang menyebabkan penyakit.

5. Bunga kol ungu

Seperti halnya kentang, ada pula bunga kol berwarna ungu yang lebih banyak antosianinnya dalam jaringan. Ditambah lagi, bunga kol ungu diperkaya dengan fitonutrien, vitamin C, dan mineral. Anda bisa memasaknya dengan dikukus atau ditumis. Bisa juga dimakan mentah setelah dicuci bersih untuk mempertahankan sebagian besar nutrisinya.

buah dan sayur berwarna ungu yang bermanfaat untuk kesehatan
Ilustrasi buah dan sayur berwarna ungu yang bermanfaat untuk kesehatan (Freepik/stocking)

6. Buah bit

Bit sebenarnya termasuk umbi-umbian. Warna ungunya berasal dari antioksidan berbeda dari jenis sayur dan buah warna ungu sebelumnya. Bit mengandung betalains, yang juga ditemukan dalam lobak dan rhubarb. Bit akan terasa manis kalau ditambahkan dengan smoothie. Buah umbi ini baik untuk jantung, otak, dan gula darah.

Itulah buah dan sayur berwarna ungu yang tak hanya kaya akan antosianin. Tetapi juga nutrisi serta vitamin lainnya yang baik untuk kesehatan Anda. Tertarik membuat menu sehat dari daftar bahan makanan di atas?