Kapan KB Implan Harus Dilepas? Temukan Jawabannya di Sini
Ilustrasi KB implan (Unsplash/ Katherine Hanlon)

Bagikan:

YOGYAKARTA – KB Implan alias KB susuk merupakan alat kontrasepsi yang bentuknya seperti tabung kecil atau menyerupai korek api. KB implan sangat efektif untuk mencegah kehamilan dan masa pakainya cukup panjang, yakni mencapai 3 – 5 tahun. Kendati masa pakainya cukup panjang, KB implan dapat dicopot atau dilepas kapan saja. Lantas, kapan KB implan harus dilepas?  Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat disimak dalam artikel berikut ini.

Kapan KB Implan Boleh Dilepas?

Sedianya, tidak ada waktu khusus untuk melepas kontrasepsi ini. KB implan bisa dilepas kapan saja sesuai kebutuhan dan kondisi Anda.

Kendati demikian, ada sejumlah kondisi yang jadi penentu kapan KB implant perlu dilepas, di antaranya:

1. Ketika efek samping KB implan mengganggu keseharian

Dikutip dari Ai Care, penggunaan KB implan bisa memunculkan efek samping bagi sebagian orang. Akan tetapi, efek samping KB implan tidak berlangsung lama dan bisa hilang dalam beberapa bulan.

Adapun beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah penggunaan KB implan, yakni:

  • Muncul bercak cokelat atau perdarahan pada 6-12 bulan pertama
  • Menstruasi lebih lama dan deras
  • Sakit kepala
  • Nyeri di payudara
  • Mual
  • Penambahan berat badan
  • Nyeri di lengan yang terpasang implant
  • Kista ovarium

Bila efek samping dari KB implant sangat mengganggu keseharian Anda, maka Anda bisa mengambil opsi untuk melepasnya dan mengganti implant dengan alat kontrasepsi lainnya.

2. Ketika tidak cocok menggunakan KB implan

Dikutip dari Healthline, KB implan boleh dilepas segera bila seorang wanita tidak cocok menggunakan alat kontrasepsi ini.

Akan tetapi, sebelum melepas KB Implan, Anda perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Adapun cici KB implan tidak cocok, yakni:

  • Muncul reaksi alergi di kulit yang tidak kunjung reda
  • Pembengkakan atau inflamasi pada wajah, tenggorokan, atau bibir
  • Gangguan kesehatan mental, seperti stres, depresi, gangguan mood, dan perasaan lelah yang tak kunjung hilang.
  • Mengalami pendarahan hebat pada vagina.

3. Saat merencanakan kehamilan

Aseptor boleh melepas KB implant ketika hendak merencanakan kehamilan. Seorang wanita dengan siklus menstruasi yang teratur sebelum saat menggunakan KB implant, memiliki peluang untuk cepat hamil setelah alat kontrasepsi implant diambil dari lengannya.

Untuk wanita yang mengalami gangguan menstruasi selama menggunakan KB implan, mungkin akan segera hamil setelah siklus haidnya kebali normal.

4. Saat masa pakainya habis

KB implan harus dilepas saat masa pakainya sudah habis. Di atas telah disinggung bahwa masa pakai KB implan dapat mencapai 3 sampai 5 tahun.

KB implan yang sudah habus masa pakainya harus dilepas karena sudah tidak efektif lagi untuk mencegah kehamilan. Supaya tidak terjadi kebobolan, Anda dapat mengganti KB implan yang lama dengan yang baru.

Demikian informasi tentang kapan KB implan harus dilepas. Semoga artikel ii dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.