Mengenal Psoriasis Vulgaris: Berikut Penjelasan, Gejala serta Pencegahannya
Mengenal Psoriasis Vulgaris (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sudahkah kalian mengenal psoriasis vulgaris? Jika belum yuk kita bahas di sini. Pasalnya, psoriasis vulgaris merupakan jenis psoriasis yang paling umum terjadi. Psoriasis adalah penyakit kulit yang bisa dialami siapa saja.

Psoriasis merupakan penyakit infeksi pada kulit yang bersifat kronis ataupun bersifat jangka panjang, yang membuat pengidapnya alami pergantian kulit yang telalu cepat.

Psoriasis umumnya ditandai dengan kulit yang alami ruam merah, tebal, bersisik, gampang terkelupas, sampai kering. Tidak jarang pula keadaan ini memunculkan indikasi gatal serta perih. Psoriasis kerap kali terjalin pada wilayah siku, lutut, punggung bagian bawah, sampai kulit kepala.

Psoriasis vulgaris disebut pula selaku psoriasis plak. Penyakit kulit psoriasis tidak menular serta membahayakan orang lain. Kontak langsung dengan ruam di kulit penderita tidak bakal mengakibatkan kalian terserang penyakit ini. Jadi, kalian tidak butuh minder apabila alami permasalahan kulit satu ini.

Mengenal Psoriasis Vulgaris

Psoriasis vulgaris diketahui pula dengan istilah psoriasis plak, yakni tipe psoriasis yang sangat umum. Sekitar 80–90% orang dengan psoriasis mempunyai Psoriasis vulgaris ataupun plak. Umumnya Psoriasis vulgaris nampak selaku lesi terangkat, meradang, merah, ditutupi oleh keperakan, sisik putih. Psoriasis vulgaris sangat kerap timbul pada siku, lutut, kulit kepala, serta punggung bagian bawah.

Psoriasis vulgaris dapat menimbulkan rasa sangat gatal serta kadangkala menyakitkan. Keadaan ini pula dapat berikan tampilan kurang baik pada kulit bila tidak disembuhkan. Menggaruknya bisa menimbulkan kulit rusak, pendarahan, serta peradangan.

Lokasi Psoriasis vulgaris bisa berubah saat bercak sembuh. Bercak baru mungkin keluar di posisi berbeda. Dalam beberapa permasalahan, psoriasis vulgaris dapat sangat parah. Tipe psoriasis ini dapat menutupi sebagian besar tubuh. Psoriasis vulgaris dengan tingkatan keparahan ini dapat memunculkan ketidaknyamanan, serta bahkan beresiko. Psoriasis dapat terinfeksi ataupun berkembang jadi wujud psoriasis yang lain.

Psoriasis vulgaris merupakan keadaan di mana sel-sel kulit terbentuk lebih cepat daripada siklus hidupnya secara wajar. Sehingga pengidap penyakit kulit ini mempunyai sel-sel kulit yang menumpuk. Psoriasis vulgaris ini tidak bisa menular serta merupakan penyakit seumur hidup, sehingga tidak bisa dipulihkan total. Walaupun begitu keadaan yang dirasakan oleh pengidapnya bisa datang serta pergi bergantung dari keadaan imun orang tersebut.

Pemicu Psoriasis Vulgaris

Pemicu Psoriasis vulgaris berlum diketahui secara pasti. Tetapi, perihal ini diprediksi berkaitan dengan permasalahan pada sistem imunitas badan ataupun imun. Biasanya reaksi imun yang tidak wajar dapat menimbulkan sel-sel kulit menumpuk di permukaan kulit. Penyakit ini pula terkategori selaku penyakit autoimun yang berlangsung pada kulit serta dapat jadi diturunkan dari gen pengidap yang lain.

Faktor Pemicu Psoriasis Vulgaris

Pemicu Psoriasis vulgaris kerap berhubungan dengan berbagai ragam faktor penyebab. Aspek penyebab Psoriasis vulgaris di antara lain adalah:

  1. Aspek keturunan
  2. Merokok
  3. Minum minuman beralkohol
  4. Stres
  5. Infeksi
  6. Luka kulit
  7. Kekurangan vit D
  8. Dampak pemakaian obat tertentu

Gejala Psoriasis Vulgaris

Ada pula sebagian gejala yang dirasakan oleh seorang yang mengidap Psoriasis vulgaris di antara lain:

  • Timbul plak bersisik yang bisa terasa gatal. Ukurannya bisa kecil terpisah ataupun berupa kumpulan dari plak-plak kecil.
  • Plak yang keluar pula dapat nampak merah meradang ataupun memiliki tekstur sisik dengan warna keperakan. Biasanya pada orang yang berkulit cerah keadaan kulit nampak bercorak merah ataupun merah muda.
  • Setelah itu buat pengidap yang berkulit hitam biasanya warna plak tersebut nampak cokelat tua, abu-abu, ataupun ungu.
  • Psoriasis Vulgaris biasanya timbul di batang tubuh, lutut, sikut, kulit kepala, ataupun area-area badan yang lain.

Pencegahan Psoriasis

Psoriasis merupakan sesuatu keadaan yang sangat merepotkan, oleh sebab itu kalian butuh mengenali metode menghindarinya. Penangkalan psoriasis yakni dengan menjauhi faktor pemicunya, yakni:

  1. Kerap cuci tangan buat menjauhi penularan penyakit peradangan.
  2. Lekas mensterilkan serta menutup zona yang alami luka, buat menghindari peradangan kulit.
  3. Memakai tabir surya pada saat hendak beraktifitas di luar ruangan, buat melindungi kulit dari paparan cahaya UV.
  4. Memakai losion pelembap supaya kulit tidak kering.
  5. Mencukupi kebutuhan vit D tubuh.
  6. Menyudahi merokok serta minum minuman beralkohol.
  7. Mengelola stress.
  8. Menghindari konsumsi obat-obatan yang bisa merangsang psoriasis, semacam lithium, propranolol, quinidine, serta indomethacin.

Selain itu kenali juga beberapa penyebab “Kulit Gatal saat Berkeringat” agar kalian bisa lakukan pencegahan dan penyembuhan.

Jadi setelah mengetahui mengenal psoriasis vulgaris, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!