10 Langkah Bijak yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Perhiasan
Ilustrasi (Pixabay/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Membeli perhiasan merupakan salah satu pengalaman yang menyenangkan. Baik dibeli untuk diri sendiri atau sebagai hadiah untuk orang lain, penting membuat keputusan yang tepat guna memastikan Anda mendapatkan barang terbaik yang sesuai dengan uang Anda.

Perancang Perhiasan Ternama, Archana Aggarwal, dilansir dari Times of India, Jumat, 1 Desember, berbagi tips berharga yang perlu dipertimbangkan saat membeli perhiasan.

Tentukan budget

Sebelum membeli perhiasan, alangkah baiknya Anda menentukan budget terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda mempersempit pilihan dan menghindari pengeluaran berlebih. Ingat, kualitas tak selamanya ditentukan dari label harga. Oleh sebab itu, pastikan mengeksplor beragam pilihan sesuai dengan kisaran budget Anda.

Pelajari berbagai jenis perhiasan 

Luangkan waktu mempelajari tentang berbagai jenis perhiasan, batu permata, logam, dan indikator kualitasnya. Pahami 4C berlian (potongan, warna, kejernihan, dan berat karat) serta pelajari karakteristik batu permata lain yang mungkin Anda minati. Pengetahuan ini akan membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.

Pilih toko perhiasan yang punya reputasi baik

Saat membeli perhiasan, sangat penting memilih toko perhiasan yang memiliki reputasi baik dan memiliki rekam jejak yang nyata. Carilah sertifikasi yang menjamin keaslian dan kualitas batu permata. Baca ulasan. Cari rekomendasi, dan kunjungi toko perhiasan terkenal untuk memastikan pengalaman membeli yang dapat dipercaya.

Pertimbangkan gaya hidup

Sebelum membeli perhiasan, coba pikirkan dari segi gaya hidup dan lihat perhiasan apa yang cocok untuk Anda. Misal, jika Anda tergolong orang yang aktif pilihlah perhiasan yang lebih kuat dan tahan dipakai sehari-hari. Sebaliknya, jika Anda membeli perhiasan hanya untuk acara-acara khusus, maka pilihan dapat difokuskan pada desain yang lebih halus dan unik.

Kualitas dibanding kuantitas

Daripada membeli banyak perhiasan dengan harga murah, pertimbangkan membeli beberapa perhiasan berkualitas tinggi. Perhiasan berkualitas biasanya tahan lebih lama, punya nilai jual tinggi, dan sering kali dilengkapi dengan jaminan atau garansi. Carilah perhiasan yang dibuat dengan baik dengan memperhatikan detail, kokoh, dan aman digunakan.

Coba sebelum membeli

Jika bisa, coba dulu perhiasan yang dipilih sebelum membeli. Tujuannya, untuk melihat seberapa cocok perhiasan tersebut ketika dikenakan di badan. Perhatikan berat, kenyamanan, serta tampilan keseluruhan.

Pilih desain yang tak lekang waktu

Meski tren datang dan pergi, design yang tak lekang waktu tak pernah ketinggalan zaman. Coba investasi pada perhiasan model klasik yang bisa digunakan bertahun-tahun. Desain yang tak lekang waktu, seperti anting berlian solitaire atau kalung liontin emas sederhana, dapat digunakan kapanpun dan mudah dipadukan dengan berbagai pakaian.

Pertimbangkan logamnya

Saat membeli perhiasan, perhatikan logam mulia yang digunakan. Logam yang berbeda memiliki sifat dan tingkat ketahanan yang berbeda pula. Pilihan umum biasanya jatuh pada emas (dalam berbagai warna seperti kuning, putih, atau rosegold) dan platinum. Pertimbangkan preferensi pribadi, gaya hidup, danbudget saat memilih logam.

Tanyakan tentang perawatan

Perhiasan membutuhkan perawatan rutin agar tetap terlihat baik.. Sebelum membeli, tanyakan tentang petunjuk perawatan dan persyaratan perawatan khusus. Beberapa batu permata atau logam mungkin memerlukan metode pembersihan khusus atau pemeriksaan berkala oleh toko perhiasan. Memahami kebutuhan pemeliharaan akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Percaya insting

Terakhir, percayalah pada insting dan pilih perhiasan yang sesuai dengan Anda. Perhiasan adalah ekspresi pribadi dari gaya dan individualitas. Jika sebuah karya berbicara kepada Anda dan membuat Anda merasa percaya diri dan cantik, kemungkinan besar itu adalah pilihan yang bagus. Jangan hanya terpengaruh oleh tren atau opini orang lain. Pilihlah apa yang terasa tepat bagi Anda. 

Membeli perhiasan adalah investasi, baik secara finansial maupun emosional. Dengan mengikuti sepuluh tip di atas, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan memastikan bahwa Anda memilih perhiasan yang sesuai dengan gaya, budget, dan gaya hidup. Selamat berbelanja!