7 Tips Menenangkan Pasangan yang Sedang Mengalami Kecemasan
Ilustrasi tips menenangkan pasangan yang sedang mengalami kecemasan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Seseorang yang mengalami kecemasan membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekatnya. Kalau pasangan romantis Anda mengalaminya, maka Anda bisa menenangkan dan memberi support dengan cara berikut ini.

1. Jangan mencoba memperbaikinya

Kalau Anda adalah suami, istri, pacar, kekasih, atau partner, maka penting disadari bahwa Anda bukan terapis. Oleh karena itu tidak adil jika memaksakan gagasan Anda tentang bagaimana seharusnya pasangan bersikap saat mengalami kecemasan. Untuk menenangkannya, beri tahu pasangan bahwa Anda ingin ia merasa lebih baik karena Anda mencintainya.

2. Jangan menjelaskan soal ketakutan

Saat pasangan ketakutan karena cemas, mungkin terasa tidak rasional atau buruk bagi Anda. Namun, jangan menjelaskan kalau ia tak perlu takut. Menurut tips penulis Hi, Anxiety: Life With a Bad Case of Nerves, Kat Kinsman dilansir Psychology Today, Kamis, 16 November, pertimbangkan untuk bertanya kepada pasangan tentang kenapa situasi yang dialami memicu kecemasan. Hindari menghakimi dan lebih baik menjadi pendengar yang baik.

tips menenangkan pasangan yang sedang mengalami kecemasan
Ilustrasi tips menenangkan pasangan yang sedang mengalami kecemasan (Freepik)

3. Jujur dan tetapkan ekspektasi

Memperlakukan pasangan seperti anak-anak yang rapuh, menciptakan dinamika tidak sehat dalam suatu hubungan. Selain itu, orang yang cemas cukup tanggap dan akan merasakan ada sesuatu yang salah. Jadi biarkan kekasih Anda mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan tetapkan ekspektasi.

4. Menerima perspektif pasangan

Setiap orang memandang kebahagiaan secara berbeda. Pasangan Anda mungkin juga berbeda melihat kebahagiaan dengan perspektif Anda. Maka menerima perspektif yang berbeda penting dan membantu menenangkan pasangan Anda.

tips menenangkan pasangan yang sedang mengalami kecemasan
Ilustrasi tips menenangkan pasangan yang sedang mengalami kecemasan (Freepik)

5. Buat pasangan Anda merasa aman

Seringkali salah satu ketakutan orang yang anxiety adalah bahwa mereka tidak dapat dicintai hanya karena mereka cemas. Oleh karena itu, saat serangan cemas melanda, pastikan pasangan Anda merasa aman.

6. Menjalani hidup seperti biasa

Kalau Anda harus menghadiri acara tertentu bersamaan dengan serangan panik pasangan Anda, maka penting untuk tetap menjalani hidup seperti biasa. Namun perlu dicatat, Anda wajib memastikan pasangan aman dan nyaman di rumah. Selain itu, jika Anda pergi sendirian dan banyak orang bertanya-tanya ke mana pasangan Anda, cukup katakan alasan sederhana, misalnya sedang tidak enak badan.

7. Bertanya dan menjadi pendengar yang baik

Anda mungkin memiliki gagasan untuk meredakan kecemasan pasangan Anda. Tetapi bersikap terbuka meskipun Anda tidak setuju. Atau lontarkan pertanyaan yang memberi kesempatan pasangan untuk cerita lebih banyak dan jadilah pendengar yang baik, tips Kinsman.

Di atas merupakan tips menenangkan pasangan yang sedang cemas. Apabila serangan kecemasan mengganggu aktivitas sehari-hari, penting untuk konsultasi pada profesional kesehatan mental, seperti terapis atau psikolog klinis.