Agar Akhir Pekan tetap Nyaman, Siapkan 5 Hal Ini untuk Menikmati Liburan
Ilustrasi tips menikmati liburan akhir pekan tetap nyaman (Freepik/rawpixel.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Liburan tak melulu menghabiskan waktu di luar rumah atau jalan-jalan. Anda dan keluarga bisa menikmati liburan tetap nyaman, tetapi perlu mengatur batasan supaya tidak membuat tertekan atau bahkan merasa bosan. Menurut American Psyschological Association, 38 persen orang yang disurvei mengalami tekanan selama liburan. Laporan Lending Tree dilansir Psychology Today, Jumat, 3 November, hampir 50 persen individu yang disurvei mengalami kekhawatiran mengenai pengeluaran menjelang liburan.

Kalau liburan harusnya dinikmati dengan suka cita dan bahagia, jangan sampai kekhawatiran dan tekanan membuat Anda tidak menikmati waktu ini. Maka saran psikolog klinis yang berbasis di New York dan Westport, Jennifer Guttman, Psy.D., menyarankan berikut di bawah ini.

1. Tetapkan batasan

Anda harus memutuskan apa yang ingin dilakukan dan tidak dilakukan untuk liburan. Hal ini penting sehubungan dengan berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan. Penting juga menetapkan hal-hal sederhana, seperti berapa banyak makanan yang akan dibeli, hingga hal lain yang akan dibutuhkan pada akhir pekan atau liburan panjang lainnya.

tips menikmati liburan akhir pekan tetap nyaman
Ilustrasi tips menikmati liburan akhir pekan tetap nyaman (Freepik/wayhomestudio)

2. Lakukan apa yang Anda suka

Tanyakan pada diri sendiri tentang apa yang paling Anda sukai dari liburan. Pastikan pula Anda melakukannya meskipun itu adalah keinginan sederhana. Saran Guttman, Anda perlu berfokus pada bagian-bagian liburan yang menurut Anda istimewa, sehingga tidak terjebak pada momen yang membebani dan melupakan bagian-bagian liburan yang penting bagi Anda.

3. Jangan lupa self-care

Pastikan Anda memperhatikan perawatan diri. Karena liburan dapat menimbulkan tekanan emosional, kesepian, atau perasaan terbebani dengan tanggung jawab, maka pastikan Anda menyisihkan waktu untuk mengurus diri sendiri. Baik itu 15 menit sehari untuk berhenti dan luangkan waktu untuk dekompresi otak Anda. Penting untuk dicatat, pastikan Anda tidak berfokus pada kebutuhan orang lain.

4. Latihan mindfulness

Liburan bisa memanjakan indra kalau Anda mencoba untuk mindful. Gunakan teknik kewaspadaan untuk berhenti sejenak dan menikmati momen. Nikmati juga pemandangan, bau, dan suara. Anda juga perlu menyadari dan sedikit memperlambat diri. Tujuannya supaya dapat menikmati suasana sekitar selama liburan secara mindful.

5. Berbagi peran dengan orang lain

Kalau ada banyak agenda dan tugas yang akan dilakukan saat akhir pekan atau liburan, Anda bisa berbagi tugas dengan orang terdekat dan keluarga. Ketika tanggung jawab lebih besar dari kesenangan, ini akan membuat Anda mudah kesal. Jadi, cobalah bersikap baik kepada diri sendiri dan tak apa meminta bantuan atau perhatian dari orang lain.

Itulah lima tips dari psikolog klinis tentang cara menghadapi liburan dan akhir pekan menyenangkan tanpa banyak tekanan.