Gerakan untuk Meredakan Nyeri Haid, Caranya Simple Banget Kok!
Gerakan Untuk Meredakan Nyeri Haid (Gambar bruce mars - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tiap perempuan tentu telah familiar dengan nyeri pinggang yang kerap timbul kala haid. Walaupun bisa jadi tingkat keparahannya pada tiap orang berbeda-beda, tetapi tidak dapat dipungkiri rasa nyeri ini menimbulkan ketidaknyamanan yang dapat mengusik keseharian Kalian. Yuk pelajari beberapa gerakan untuk meredakan nyeri haid!

Perihal ini tidak dapat diatasi cuma dengan beritirahat, kebalikannya mengaplikasikan gerakan berolahraga ringan malah dapat menolong mengurangi nyeri pinggang dikala haid.

Melansir dari beberapa sumber, gerakan-gerakan berikut ini bisa Kalian jalani di rumah disaat haid.

Berbaringlah di lantai serta letakkan kaki Kalian sedikit lebih lebar dari lebar pinggul. Angkat pinggul Kalian perlahan-lahan dari lantai serta ke atas, sampai punggung terangkan serta posisi paha lurus. Kemudian turunkan tulang belakang dengan perlahan. Angkat serta turunkan perlahan selama satu sampai 2 menit. Fungsi: Membuat darah bersirkulasi ke otot-otot punggung bawah, sekalian menguatkan pinggang dengan metode yang lembut. Sesuai buat meredakan nyeri punggung bawah.

Gerakan untuk Meredakan Nyeri Haid

Seated leg forward bend

Luruskan kaki serta perlahan-lahan tekuk pinggang dan punggung sampai terlipat lurus ke arah depan. Usahakan supaya tangan Kalian dapat memegang ujung-ujung jari kaki. Pertahankan posisi tulang duduk serta tulang belakang selama Kalian menurunkan badan ke arah kaki. Saat Kalian mengeluarkan nafas, fokuslah buat menarik perut ke dalam buat memijat perut bagian bawah. Pertahankan posisi ini sembari bernapas dalam-dalam sepanjang 1- 3 menit. Pegang, bernapas dalam-dalam selama satu sampai 3 menit, dengan lembut melipat ke arah kaki.

Fungsi: Gerakan ini bisa menolong merilekskan Ini pula menolong merilekskan perut, pinggang, meredakan sakit kepala serta sakit kepala sebelah, serta kurangi mood swing.

Seated Twist

Mulailah dalam posisi duduk di lantai dengan diluruskan ke deoan. Tekuk lutut kanan serta letakkan kaki kanan di dekat lutut kiri di lantai. Tegakkan punggung Kalian. Angkat

lengan kiri sebatas dada serta mulailah memutar tulang belakang ke arah kaki yang tertekuk tanpa mengangkat kedua pinggul dari lantai.(bila kaki yang ditekuk merupakan kaki kanan, maka putar pinggang ke arah kanan serta kebalikannya). Fungsi: Putaran di pinggang membagikan kelegaan ke perut dengan sensasi pijatan serta merelaksasi seluruh punggung yang tegang saat periode mentruasi.

Reclined bound angle

Berbaringlah di lantai dengan posisi punggung lurus. Pertemukan kedua telapak kaki supaya saling melekat berhadapan. Bangun (duduk) perlahan-lahan semacam saat Kalian melangsungkan sit up—namun senantiasa dalam posisi telapak kaki berhadapan. Bila merasa susah, Kalian dapat mengganjal bagian punggung dengan bantal ataupun guling supaya lebih gampang melaksanakan gerakan. Jalani sepanjang 3-5 menit sembari mengatur pernapasan. Fungsi: Pose ini bisa menenangkan punggung bagian bawah serta membuka pinggul, yang kerap terasa pegal sepanjang siklus haid. Bisa pula meredakan kram perut serta kecemasan berlebih.

Jalani gerakan tersebut di kala menjelang mentruasi ataupun sepanjang periode haid. Tidak hanya mudah, badan pula terasa lebih fresh serta nyeri berkurang. 

Jadi setelah mengetahui gerakan untuk meredakan nyeri haid, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!,