6 Makanan yang Justru Membuat Lapar Meski Sudah Habis Satu Porsi
Ilustrasi lapar (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ternyata ada beberapa makanan yang justru membuat Anda lapar setelah mengonsumsinya. Artinya, Anda akan terus memakan makanan tersebut dan tidak merasa kenyang meski kuantitas yang telah masuk ke perut relatif banyak.

Perasaan lapar yang terus muncul setelah Anda mengonsumsi makanan tertentu disebabkan karena berbagai kondisi, misalnya, makanan yang dikonsumsi tidak mengandung serat. Selain itu tingginya kadar gula pada makanan akan berbuntut pada munculnya hormon kelaparan yang disebut ghrelin. Hormon tersebut yang jadi pemicu munculnya rasa lapar terus menerus.

Makanan yang Justru Membuat Anda Lapar

Rasa lapar yang terus muncul setelah makan makanan tertentu jika dituruti akan berdampak pada kesehatan tubuh, termasuk memicu obesitas. Lalu, apa saja makanan yang terus memicu rasa lapar?

  1. Kentang Goreng atau Keripik Asin

Kentang goreng memang mengandung karbo. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa kentang goreng bisa mengenyangkan. Namun yang terjadi justru sebaliknya, Anda akan merasa terus lapar dan tak bisa berhenti mengunyah kentang goreng hingga tak terasa habis satu porsi.

Kondisi munculnya rasa lapar terus menerus saat makan kentang goreng atau keripik kentang asin wajar terjadi karena indra pengecap dan otak selalu mengaitkan energi dengan makanan manis. Sedangkan saat mengonsumsi makanan asin sensor akan terus meminta makanan manis.

Sebagai gantinya, Anda bisa merebus kentang atau mengonsumsi ubi jalar untuk menciptakan efek kenyang.

  1. Roti Tawar

Sebagian orang menganggap bahwa roti tawar dapat mengenyangkan sehingga memilih roti sebagai menu sarapan. Faktanya, roti tidak bisa menimbulkan efek kenyang karena kandungan serat dan nutrisi pada roti sangat sedikit.

Roti tawar memang memiliki karbohidrat yang bisa dicerna jadi gula. Saat itu terjadi, tubuh akan mengeluarkan insulin. Efeknya adalah rasa lapar terus terjadi. Sebagai pengganti, Anda bisa mengonsumsi roti gandum yang punya banyak serat sehingga efek kenyang bisa lebih lama.

  1. Nasi Putih

Efek kenyang yang ditimbulkan setelah makan nasi putih ternyata tak bisa bertahan lama. Hal itu terjadi karena nasi putih punya kandungan indeks glikemik yang tinggi. Saat itu terjadi, gula dalam darah bisa naik sekaligus turun dengan cepat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memilih beras merah untuk menimbulkan efek kenyang lebih lama.

  1. Putih Telur

Pelaku diet biasanya akan mengonsumsi putih telur sebagai tambahan protein. Di sisi lain, saat Anda memakan putih telurnya saja rasa lapar akan kembali muncul secara cepat. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengonsumsi kuning telur yang mengandung lemak dengan porsi yang sedikit.

  1. Sereal

Banyak branding yang menyatakan bahwa sereal cocok untuk sarapan dan memicu kenyang lebih lama. Perlu diketahui bahwa kondisi tersebut tak berlaku bagi semua produk. Sereal yang mengandung banyak pemanis buatan justru akan memicu rasa lapar dengan cepat. Hal itu terjadi karena setelah makan sereal, kadar gula darah akan naik namun kalori yang disetor oleh sereal sangat sedikit.

  1. Jus Buah

Anda tidak akan mendapatkan efek kenyang dalam waktu lama jika hanya mengonsumsi jus buah. Hal itu terjadi karena serat buah telah hancur. Selain itu tambahan gula juga ikut menyumbang cepat atau tidaknya efek lapar yang muncul. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi buah tanpa dijus.

Itulah informasi terkait makanan yang justru membuat Anda lapar. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.