Tips dan Manfaat Lakukan <i>Facial</i>i di Rumah agar Tetap Cantik Kala Pandemi
Facial Treatment di Rumah (Gustavo Fring/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Facial jadi kegiatan paling digemari oleh wanita. Biasanya, kegiatan ini dilakukan di salon dan tujuannya untuk membersihkan dan mempercantik kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, facial harus dilakukan secara rutin.

Berhubung kondisi pandemi masih berlangsung saat ini, Anda masih tetap bisa melakukan facial di rumah tanpa harus repot-repot ke salon. Sebelum mengetahui cara melakukan facial di rumah, Anda perlu mengetahui manfaat apa saja yang didapat ketika melakukan facial. Berikut tiga manfaat tersebut.

Membersihkan wajah secara mendalam

Kalau Anda cukup sering berkegiatan di luar rumah dan wajahnya terkena debu, sepertinya facial memang jadi hal penting dilakukan. Pasalnya, cuci muka dirasa kurang cukup untuk membersihkan kulit, sehingga Anda dapat menggunakan facial yang berguna sebagai deep cleansing bagi wajah Anda.

Menghilangkan komedo

Facial juga bermanfaat menghilangkan komedo di kulit wajah. Jika tidak diatasi dengan tepat, komedo bisa menyebabkan jerawat-jerawat baru bagi kulit. Jadi, facial tidak hanya menghilangkan komedo, tapi juga membantu mengurangi dan mencegah jerawat pada wajah.

Mengencangkan kulit

Rutin facial bisa membantu mengencangkan kulit wajah. Memiliki kulit wajah kendur dapat menyebabkan tampilan wajah Anda tampak lebih tua. Untuk itu, bagi wanita yang memasuki umur 30, facial sangat wajib dilakukan.

Setelah mengetahui manfaat facial, berikut cara melakukan facial mandiri di rumah selama masa pandemi:

Bersihkan wajah

Cuci wajah menggunakan air hangat. Gunakan pembersih wajah dan pijat wajah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah. Cara tersebut dapat membantu mengangkat seluruh minyak dan kotoran, sekaligus mengeksfoliasi kulit dan meningkatkan aliran darah.

Gunakan toner dan moisturizer 

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk mengembalikan pH kulit lalu lanjutkan dengan moisturizer. Oleskan moisturizer ke seluruh bagian wajah hingga leher. Ratakan dengan tangan sambil dipijat ke atas agar kulit tetap kencang.

Pijat Wajah

Terakhir, pijat lah wajah Anda dengan dua jari mulai dari kening di area batas alis hingga ujung rambut. Setelah itu, Anda dapat menggunakan kedua tangan untuk memijat area hidung dan mulut secara bersamaan.

Tujuannya untuk mengembalikan vitalitas dan mengencangkan otot wajah. Anda pun bisa memijat bagian leher menggunakan seluruh jari dengan gerakan memijat dari bawah ke atas.