Cara Membersihkan Kuas Makeup: Emang Bisa? Yup! Begini Tahapannya
Cara Membersihkan Kuas Makeup (Gambar Raphael Lovaski-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jangan anggap remeh brush make up yang kotor, karena akibat kelalaian kita yang sering lupa dan malas untuk membersihkannya bisa berakibat buruk. Pasalnya, brush yang kotor dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan kulit, seperti pori-pori tersumbat dan kulit berjerawati. Wah harus tahu bagaimana cara membersihkan kuas makeup yang bener nih!

Tak hanya itu, brush make up yang kotor juga bakal menyulitkan kalian untuk mengaplikasikan makeup dengan sempurna. Kemudian, gimana sesungguhnya metode membersihkan brush make up yang pas? Buat memperoleh jawabannya, ayo, ikuti artikel berikut ini!

Cara Membersihkan Kuas Makeup

Di bawah ini merupakan sebagian langkah membersihkan brush make up yang dapat kalian coba:

1. Kumpulkan brush make up yang hendak kalian bersihkan

Hal awal yang butuh kalian jalani yakni memastikan mana saja brush make up yang bakal kalian bersihkan ya, kalian pula dapat memilih serta memilah brush make up yang belum sempat kalian pakai lebih dahulu buat dibersihkan. Alasannya, meski belum sempat digunakan, kuas make up yang baru kalian beli dapat saja tercemar bakteri dari orang lain ataupun lingkungan sekitar tempat kalian membelinya.

2. Pakai air hangat

Tuangkan air hangat ke dalam wadah serta teteskan sabun pembersih muka ataupun sampo bayi. Air hangat efisien buat melenyapkan kuman serta bakteri, dan mensterilkan residu yang tertinggal di brush.

Jauhi memakai sabun badan, sabun cuci tangan, ataupun sabun cuci piring, sebab sabun yang berbahan keras bisa merusak bulu kuas make up.

3. Mencuci brush make up dengan lembut

Basahi hanya bagian dasar bulu brush (jangan direndam) kemudian sikat perlahan bulu dengan lembut memakai jari sampai berbusa.

Kalian pula dapat gosokkan bulu brush perlahan pada permukaan brush cleaning pad. Perihal ini bertujuan buat menghasilkan kotoran yang terperangkap pada brush make up.

4. Bilas brush make up hingga bersih

Sehabis selesai dibersihkan, bilas kuas make up dengan air hangat hingga betul-betul tidak terdapat sisa kotoran yang tertinggal. Kalian dapat memakai air mengalir ataupun memakai wadah. Yang penting, jauhi bagian bawah tempat bulu brush-nya melekat supaya tidak gampang rusak.

Untuk melihat brush make up kalian telah bersih ataupun belum, kalian dapat yakinkan dengan melihat kejernihan air yang digunakan buat membasuh brush. Bila air telah jernih, maksudnya kuas make up telah dapat dikatakan bersih dari sabun serta kotoran.

5. Keringkan Brush

Keringkan bulu kuas make up dengan handuk bersih kering. Hadapkan ke bawah supaya air mengalir ke bawah.

Sehabis itu, biarkan kuas make up kering dengan sendirinya. Jauhi pemakaian hair dryer sebab perihal ini berpotensi merusak bulu brush serta lem yang merekatkan kepala brush dengan gagangnya. Tunggu kira-kira selama satu hari sebelum brush make up digunakan kembali. 

Jadi setelah mengetahui cara membersihkan kuas makeup, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!