4 Tips Memilih Pakaian yang Nyaman untuk Olahraga
Ilustrasi tips memilih pakaian yang nyaman untuk olahraga (Freepik/Drobotdean)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bukan merek yang mewah atau mode terkini, pakaian olahraga dirancang nyaman dipakai untuk aktivitas membakar kalori. Pakaian yang nyaman, selain dibuat dari bahan yang cocok, juga menjaga kulit tetap sejuk saat tubuh dibasahi keringat. Berikut, tips memilih pakaian olahraga yang nyaman.

1. Pilih pakaian berbahan kain yang menyerap keringat

Beberapa bahan baju olahraga, dirancang berbahan menyerap keringat. Dalam hal ini, Anda bisa memilih berbahan sintetis seperti polipilen atau pilihan lainnya. Karena olahraga cenderung membuat Anda berkeringat, maka memakai pakaian berbahan ini memungkinkan keringat menguap namun kulit tidak lembap basah kuyup.

2. Hindari pakaian berbahan dasar karet atau plastik

Berbahan katun pun, juga membuat pakaian Anda terasa berat saat basah karena olahraga. Sebaiknya, celana berbahan katun perlu dijadikan opsi kedua saja. Paling perlu dihindari, kain berbahan dasar karet dan plastik. Bahan ini membuat keringat sulit menguap dan menjaga tubuh terlalu tinggi selama berolahraga.

tips memilih pakaian yang nyaman untuk olahraga
Ilustrasi tips memilih pakaian yang nyaman untuk olahraga (Freepik/Drobotdean)

3. Pakai ukuran pakaian yang pas

Saat olahraga, sebaiknya mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Namun kalau olahraga berlari atau bersepeda, hindari potongan celana berkaki longgar untuk menghindari tersangkup pada pedal atau kaki Anda. Berbeda dengan olahraga pilates atau yoga, pakaian kain elastis yang pas dan menyerap keringat.

4. Kenakan sesuai musim

Seperti halnya Anda memilih pakaian sehari-hari, tentu disesuaikan dengan musim dan cuaca di luar. Jika Anda olahraga di luar ruangan atau melakukan olahraga musiman, pakaian yagn dikenakan harus berubah seiring musim.

Saat cuaca panas, pastikan memilih bahan yang membiarkan sirkulasi udara lancar. Jangan sampai memakai pakaian yang membuat suhu tubuh semakin panas dan tidak menyerap keringat. Berbeda ketika cuaca dingin, Anda perlu berpakaian hangat atau pakaian berlapis. Namun perlu diingat, pakai pakaia yang menyerap keringat di lapisan paling dalam serta tutupi kepala, telinga, dan tangan untuk melindungi dari hawa dingin.

Di atas merupakan keempat tips memilih pakaian olahraga yang nyaman. Setelah memahami bahan apa yang pas dan nyaman, baru Anda bisa mengikuti mode paling populer pakaian untuk olahraga.