8 Minuman Detoks untuk Ginjal yang Alami dan Mudah Ditemukan
Ilustrasi ginjal (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Detoks ginjal ternyata bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman tertentu. Hal itu dilakukan untuk membantu membersihkan ginjal sehingga kinerja ginjal bisa lebih optimal dan kesehatan tetap terjaga. Lalu apa saja minuman detoks untuk ginjal?

Minuman Detoks untuk Ginjal

Seperti diketahui, fungsi ginjal adalah untuk menyaring kandungan racun yang ada dalam aliran darah. Fungsi ginjal sangat penting sehingga kesehatannya perlu diperhatikan. Salah satu cara menjaga ginjal agar tetap sehat adalah dengan minum minuman detoks ginjal. Berikut ini beberapa minuman yang bisa jadi pilihan untuk Anda.

  1. Air Putih (Mineral)

Air mineral atau air benting sangat baik untuk ginjal karena membantu membersihkan ginjal dari sisa racun yang berhasil disaring lalu dikeluarkan lewat urin. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda harus minum air mineral sesuai porsi yang dianjurkan namun tidak boleh terlalu banyak. Untuk pria, disarankan untuk minum minimal 13 gelas air tiap hari, sedangkan untuk perempuan minimal minum 9 gelas air tiap harinya.

  1. Jus Lemon

Siapa sangka, lemon yang rasanya asam membantu membersihkan ginjal. Pasalnya asam sitrat yang terkandung dalam lemon akan membantu mencegah penumpukan kristal kalsium yang jadi pemicu batu ginjal. Anda cukup membuat jus lemon dan mengonsumsinya secara teratur.

  1. Air Jahe

Tidak hanya membantu menghangatkan tubuh, air jahe juga membantu mendetoks ginjal. Bahkan manfaat air jahe salah satunya mencegah dan melarutkan batu ginjal. Selain itu rempah ginjal juga membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi air jahe setiap minggunya untuk membantu mencegah gangguan ginjal.

  1. Wedang Kunyit

Kunyit tidak hanya dimanfaatkan sebagai penyedap makanan, namun sebagai ramuan herbal untuk mebersihkan ginjal. Kunyit yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi akan mencegah adanya radang di ginjal. Cara mengonsumsi wedang kunyit untuk ginjal adalah dengan merebus kunyit lalu minum air rebusannya hangat-hangat.

  1. Teh Dandelion

Teh dandelion atau biasa juga disebut bunga randa tapak bersifa diuretik sehingga meringankan beban ginjal membuang racun. Teh ini memiliki beragam senayawa, salah satunya adalah kalium yang mengganti hilangnya zat tersebut karena terbuang lewat urin. Cara membuat teh dandelion adalah dengan menyeduh bunga yang telah kering, lalu diminum. Anda bisa menambahkan campuran rempah lain untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Jus Cranberry

Jus cranberry berguna untuk menyehatkan saluran kemih serta ginjal. Buah ini mampu membantu membuang racun dalam tubuh karena mengandung antioksidan. Kandungan tersebut juga mencegah infeksi saluran kemih. Sedangkan untuk membersihkan ginjal, cranberry bisa dikonsumsi dengan dibuat juss. Namun pastikan buah yang dipilih segar dan saat pembuatannya tak dicampur dengan gula atau zat lain non-organik.

  1. Jus Buah Bit

Untuk membantu membersihkan ginjal, Anda dapat mengonsumsi jus buah bit. Minuman tersebut memiliki betaine yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu buah bit memiliki antioksidan yang kuat sehingga membantu menjaga keasaman urin. Efek yang bisa ditimbulkan saat minum jus buah bit adalah membersihkan kalsium fosfat dan struvite yang ada di ginjal sehingga fungsi organ dalam tersebut tetap maksimal.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga membantu Anda membersihkan ginjal. Namun perlu diketahui bahwa rasa cuka sari apel cukup asam sehingga berpotensi menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Minuman ini mengandung antioksidan dan asam sitrat yang mampu memecah batu ginjal sekaligus membuang racun pada organ ginjal.

Itulah informasi terkait minuman detoks untuk ginjal. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.