8 Tanaman Mungil untuk Hias Meja dalam Ruangan
Ilustrasi tanaman mungil untuk hias meja dalam ruangan (Freepik/topntp26)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menghias meja dengan tanaman pot kecil, bisa membangun suasana segar dalam ruangan. Meskipun semua tanaman kecil pada awalnya sebelum tumbuh besar. Tetapi berikut ini tanaman kecil yang akan selalu tetap mungil dan dipilih sebagai tanaman hias dalam rumah Anda.

1. Begonia rex

Begonia rex berukuran kecil dengan warna menonjol yang kerap disebut memiliki daun yang dicat abstrak. Bagi Anda yang menyukai tanaman hias, begonia mungkin agak rumit perawatannya. Tanaman hias mungil ini membutuhkan air cukup dan tidak berlebihan serta mendapatkan cahaya cukup.

2. Anggrek ngengat (Phalaenopsis)

Anggrek jenis ini cocok untuk menghias ruangan kecil, misalnya di meja samping tempat tidur atau bahkan di kamar mandi. Anggrek ngengat sangat indah dan mekar bunganya bisa bertahan berbulan-bulan. Perawatannya pun cenderung lebih mudah, cukup siram secukupnya dan pastikan memberikan sedikit pupuk cair yang diencerkan setiap minggu.

tanaman mungil untuk hias meja dalam ruangan
Ilustrasi tanaman anggrek menghias meja dalam ruangan (Freepik/user27955914)

3. Flamingo (Anthurium)

Anda tentu kenal dengan tanaman ini karena pernah sangat populer dalam dekade terakhir. Anthurium atau bunga flamingo berbunga merah dan daunnya mengkilat. Tingginya sekitar 12-18 inci dengan kebutuhan perawatan sangat rendah.

Tanaman ini menyukai cahaya terang tetapi tidak langsung. Jadi paling tepat meletakkan dekat jendela dan membutuhkan tanah dengan drainase baik supaya akarnya tidak mudah busuk.

4. Peperomia

Peperomia terkadang disebut sebagai tanaman karet bayi. Tanaman hias yang mungil ini memiliki banyak varietas. Anda dapat memilih salah satunya, karena hampir semua varietas perawatannya sangat mudah.

tanaman mungil untuk hias meja dalam ruangan
Ilustrasi peperomia tanaman dalam ruangan (Freepik/rawpixel.com)

5. Bunga violet Afrika (Saintpaulia)

Tanaman mungil lainnya yang bisa diletakkan dalam ruangan adalah bunga violet Afrika. Daunnya berwarna ungu muda hingga tua dan bunganya masih nuansa warna yang sama. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di sebagian besar jenis tanah. Tetapi tanaman bung aini tidak suka jika daunnya basah. Jadi siram pada media tanam langsung sehingga tak menyemprot daunnya.

tanaman mungil untuk hias meja dalam ruangan
Ilustrasi tanaman mungil untuk hias meja dalam ruangan (Freepik/ rawpixel.com)

6. Lidah buaya

Kebanyakan orang mengenal lidah buaya sebagai tanaman yang dapat meredakan luka bakar, luka kecil, dan goresan. Melansir Backyard Garden Lover, Selasa, 22 Agustus, lidah biaya adalah sukulen dengan perawatan rendah dan terlihat bagus untuk menghias ruangan manapun. Anda bisa meletakkan dalam pot kecil dan tidak perlu terlalu sering disiram. Mereka tumbuh dengan baik di jendela tetapi juga dapat mentolerir cahaya redup dengan cukup baik.

7. Tanaman jade (Crassula ovata)

Selain popular dengan nama jade, tanaman giok ini juga cantik apabila diletakkan dalam pot kecil. Daunnya yang kecil dan bulat, montok dan lucu, serta akan terlihat bagus di semua jenis pot. Mereka menyukai area terang dan tanah harus dibiarkan mengering setiap kali menyiram. Artinya, pastikan pot memiliki lubang bagian bawah supaya kelebihan air bisa keluar dan tidak membuat akarnya busuk.

8. Pilea peperomiodes

Pilea peperomiodes dikenal sebagai tanaman uang Cina, atau tetesan hujan. Tanaman yang mudah tumbuh ini, berdaun hijau ukuran kecil dan tampak cantik jika menghias meja dalam ruangan Anda. Perawatannya cukup mudah dan akan menghasilkan cabang yang bisa Anda bagikan dengan teman atau diperbanyak lalu dimasukkan ke dalam pot yang lebih kecil.

Kedelapan tanaman mungil yang cocok untuk menghias meja dalam ruangan di atas, bisa Anda pilih sesuai selera. Bisa juga disesuaikan dengan kemampuan merawat. Kalau Anda tak punya waktu merawat tanaman, bisa memilih tanaman hias yang paling mudah perawatannya.