Mengenal <i>Golden Garlic</i> dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Sering Dianggap tidak Layak Konsumsi
Ilustrasi golden garlic (Foto: Pixabay/siala)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Golden garlic, bawang putih yang sudah berubah warna menjadi cokelat keemasan disebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Ingin mengenal golden garlic lebih dalam? Baca ulasan ini hingga selesai!

Mengenal Golden Garlic

Golden garlic adaalah bawang putih yang bertekstur lembek dengan warna kuning keemasan. Karena teksturnya berbeda dengan bawang putih segar yang bertekstur renyah dan berwarna putih, golden garlic sering dianggap tidak layak pakai. Padahal, golden garlic masih aman dijadikan sebagai bahan makanan, bahkan bermanfaat untuk kesehatan.

Perubahan tekstur dan warna bawang putih menjadi kekuningan disebabkan oleh tingginya temperature dan kurangnya oksigen saat tanaman tumbuh. Kondisi ini disebut dengan waxy breakdown (kerusakan lilin).

Menurut artikel dari Oregon State University Plant Clinic, kondisi waxy breakdown sering terjadi di musim panas dengan perubahahan suhu yang ekstrem.

Perubahan tekstur dan warna bawang putih merupakan perubahan fisiologis. Artinya, fermentasi pada bawang putih ini terjadi secara alami tanpa bantuan mikroorganisme dari luar. Ini yang membuat golden garlic masih aman untuk dikonsumsi. Anda boleh menggunakannya sebagai bahan masakan, atau dimakan langsung.

Manfaat Golden Garlic

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, golden garlic memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa khasiat yang akan dirasakan ketika mengonsumsi golden garlic:

  1. Menurunkan risiko kanker

Menurut riset yang dipublikasikan dalam jurnal Canver Prevention Research, konsumsi golden garlic secara rutin dapat menurunkan risiko kanker.

Kanker tersebut termasuk kanker perut, kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

Golden garlic mentah mengandung sulfur aktif yang diyakini mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya.

  1. Menyehatkan jantung

Selain menurunkan risiko kanker, golden garlic juga dapat menyehatkan jantung. Menurut Journal of Nutrition, golden garlic memiliki pengaruh dalam mengatasi arteri koroner.

Manfaat golden garlic yang satu ini terlihaat dari penurunan kadar kalsium dan protein C-reaktif pada penderita jantung.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam bawang putih bisa melancarkan aliran darah dari pembuluh arteri yang ada di jantung manusia.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Golden garlic juga disebut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Riset menunjukkan bahwa golden garlic bisa menurunkan sekitar 20 mg/dl kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh manusia.

Setelah 90 hari masa percobaan, seluruh peserta mengalami penurunan kolesterol sekitar 10 hingga 13 persen. Hal ini karena kandungan allicin yang menghambat enzim yang berperan dalam membuat kolesterol.

Studi telah mengaitkan allicin dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan kolesterol LDL, peningkatan imunitas, menurunkan tekanan darah.

  1. Mengendalikan tekanan darah

Sebuah riset dari Paakistan Journal of Pharmaceutical Sciences mengamati pengaruh golden garlic pada tekanan darah.

Hasil riset menunjukkan, konsumsi golden garlic mentaah memberikan efek penurunan tekaanan darah sistolik dan diastolik.

Manfaat ini berasal dari kandungan allicin dan polisulfida yang bekerja untuk memperlebar pembuluh darah.

Demikian informasi tentang golden garlic. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.