Suhu Air Terbaik Untuk Menyeduh Kopi Hitam Arabika: Begini Rahasianya Biar Enak
Suhu Air Terbaik Untuk Menyeduh Kopi Hitam Arabika (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Biji kopi Arabika rata-rata mempunyai tingkatan keasaman yang lebih tinggi. Meski begitu, kepribadian serta profil kopi Arabika cenderung digemari banyak orang. Sayangnya, banyak pula yang mengeluhkan rasa asam yang dipunyai kopi Arabika.

Terlebih bila kalian menyeduhnya jadi kopi gelap tanpa kombinasi susu. Rasa asam di kopi Arabika bakal terasa sangat kuat. Nah, bila kalian mau mencicipi kopi hitam Arabika dengan tingkatan keasaman yang lebih rendah kalian dapat mencoba metode yang satu ini.

Seleksi Biji Kopi Dark Roast

Seperti yang telah dikenal, proses roasting sangat mempengaruhi pada rasa serta aroma dari kopi. Bila kalian menginginkan kopi gelap Arabika dengan rasa keasaman yang lebih rendah memilih biji kopi dengan tingkatan roasting yang pekat ataupun dark.

Memilah biji kopi dark roast memanglah jadi salah satu metode kurangi tingkatan acidity ataupun keasaman pada kopi tercantum biji dari tipe Arabika. Tetapi, selaku gantinya kalian bakal merasakan rasa kopi yang cenderung lebih pahit.

Giling Biji Kopi dengan Ukuran Fine ataupun Halus

Menyeduh kopi sama maksudnya dengan mengekstraksi rasa dari biji kopi, sehingga banyak hal yang butuh dicermati. Salah satunya merupakan tipe hasil gilingan ataupun bubuk kopi. Biji kopi mempunyai partikel rasa yang kompleks, sehingga proses penggilingan kopi bakal sangat mempengaruhi pada rasanya.

Kala kalian mempunyai biji kopi Arabika serta menginginkan rasa asam yang sedikit lebih rendah, giling biji kopi sampai berdimensi halus ataupun fine. Partikel biji kopi yang halus menaruh lebih banyak rasa.

Suhu Air Terbaik untuk Menyeduh Kopi

Rata- rata temperatur air yang digunakan buat menyeduh secangkir kopi terdapat di kisaran 90- 95 derajat Celcius. Air dengan temperatur panas yang pas bakal menciptakan secangkir kopi yang pas dan nikmat.

Kemudian, gimana dengan kopi Arabika yang rasanya asam?

Biji kopi Arabika dapat dikurangi tingkatan keasamannya dengan menyeduhnya dengan temperatur air yang lebih rendah ataupun dingin. Tetapi, jangan lupa memakai bubuk kopi yang halus, ya!

Perhatikan Waktu Penyeduhan

Perihal terakhir yang pula butuh diperhatikan yakni Mengenai waktu. Bila kalian telah memilah biji kopi dark roast dengan jenis fine grind hal terakhir yang kalian perlukan yakni ketepatan waktu dan temperatur air yang pas.

Buat kurangi tingkatan keasaman ataupun rasa acid dikala bakal menyeduh kopi hitam Arabika yakni dengan memakai waktu seduh yang lebih lama. Memakai temperatur air yang cenderung lebih rendah ataupun dingin maksudnya kalian butuh kesabaran lebih buat proses ekstraksi kopi. 

Jadi setelah mengetahui suhu air terbaik untuk menyeduh kopi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!