10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Paru-Paru
Ilustrasi makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru (Freepik/highendgraphics)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Faktor eksternal memengaruhi kesehatan paru-paru, seperti paparan asap rokok dan racun lingkungan. Selain itu, pola makan dan kondisi internal tubuh juga memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Untuk menjaga paru-paru tetap sehat, Anda bisa mulai mengatur makanan yang dikonsumsi. Apa saja makanan yang baik untuk paru-paru? Catat daftarnya di bawah ini.

1. Buah bit

Buah bit atau dikenal sebagai sayuran akar mengandung senyawa yang mengoptimalkan fungsi paru-paru. Bit telah terbukti kaya nitrat yang membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan mengoptimalkan penyerapan oksigen. Di samping itu, bit juga kaya akan magnesium, potasium, vitamin C, dan antoksidan karotenoid yang semuanya penting untuk kesehatan paru-paru.

2. Labu kuning

Daging buah labu yang berwarna oranye kekuningan ini, mengandung berbagai senyawa yang meningkatkan kesehatan paru-paru. Bahan makanan yang biasa dihidangkan dengan dikukus, dibuat bubur, hingga kolak ini, kaya akan karotenoid yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Penelitian dilansir Healthline, Jumat, 18 Agustus, menunjukkan bahwa memiliki kadar karoteoid lebih tinggi dalam darah emnnunjukkan fungsi paru-paru pada orang tua dan muda. Bahkan orang yang merokok juga memperoleh manfaat dari karotenoid dalam buah ini.

makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru
Ilustrasi makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru (Freepik/KamranAydinov)

3. Tomat

Tomat adalah salah satu makanan yang kaya lycopene, senyawa antioksidan ini dikaitkan dengan mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan paru-paru pada penderita COPD. Penelitian yang dilakukan tahun 2019 menunjukkan, penderita asma yang makan tomat teratur dengan prevalensi asma lebih rendah. Selain itu, asupan tomat juga dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru lebih lambat pada mantan perokok.

4. Kubis merah

Kubis merah kaya akan antosianin, pigmen tanaman yang membuat tanaman ini berwarna merah keunguan. Senyawa ini baik untuk meningkatkan fungsi paru-paru dan serat di dalam sayuran ini juga menyehatkan paru-paru.

5. Edamame

Edamame mengandung isoflavon, senyawa yang dapat mengurangi gejala sesak napas dan menurut penelitian rendahnya kandungan isoflavon berkaitan dengan COPD.

makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru
Ilustrasi makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru (Freepik/stockking)

6. Paprika

Paprika adalah salah satu sumber vitamin C terkaya yang larut dalam air dan kaya antioksidan. Kandungan ini sangat penting bagi perokok, karena orang yang merokok disarankan tambahan 35 miligram vitamin C per hari untuk menurunkan efek merusak dari asap rokok. Meski begitu, berhenti atau tidak merokok tentu akan lebih sehat untuk sistem pernapasan dan kesehatan secara keseluruhan.

7. Apel

Buah yang satu ini kaya sekali manfaatnya. Termasuk meningkatkan fungsi paru-paru jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu, mengonsumsi lima atau lebih apel per minggu dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan penurunan risiko PPOK. Makan apel secara rutin juga dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan kanker paru-paru. Ini karena dalam apel tinggi flavonoid dan vitamin C sebagai antioksidan.

8. Kunyit

Kunyit atau dikenal juga kaya akan curcumin, yang bermanfaat besar dalam mendukung fungsi paru-paru. Menurut penelitian pada 2.478 orang menemukan bahwa senyawa tersebut dikaitkan dengan peningkatan fungsi paru-paru. Untuk perokok, curcumin tinggi berpengaruh signifikan daripada perokok yang tidak mengonsumsi senyawa tersebut.

makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru
Ilustrasi makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru (Freepik/jigsawstocker)

9. Blueberry

Blueberry padat nutrisi, termasuk bermanfaat melindungi dan menjaga fungsi paru-paru. Di dalam buah ini, kaya akan anthocyanin, yang telah terbukti melindungai jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif.

10. Teh hijau

Daftar selanjutnya, termasuk sebagai minuman, yang fungsinya baik untuk paru-paru. Di dalam teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang bersifat antioksidan dan menghambat fibrosis atau jaringan parut pada jaringan.

Fibrosis paru ditandai dengan adanya jaringat parut paru-paru yang progresif dan bersifat merusak organ ini. Penelitian membuktikan, bahwa EGCG bisa membantu mengobati penyakit tersebut.

Dari sepuluh makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru di atas, adakah yang sering Anda konsumsi? Anda bisa memasukkan makanan dan minuman di atas, selain sebagai menu diet bisa juga menyehatkan paru-paru.