Mata Sering Berair? 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mata berair bisa terjadi ketika mata terganggu oleh hal-hal seperti udara berasap atau setelah berenang. Tapi ini juga bisa jadi petunjuk gangguan mata, menurut Barrett Eubanks, MD, seorang dokter mata di Murrieta, California. Terutama jika cairan yang keluar tidak mereda dan terjadi bersamaan dengan gejala lainnya. 

Jika Anda tidak yakin apa penyebab mata berair, coba perhatikan tujuh penyebab berikut ini, dinukil dari Livestrong, Kamis, 3 Agustus.

Iritasi Mata

Setiap kali mata teriritasi, kelenjar air mata mulai memproduksi lebih banyak air mata untuk mencoba membilas zat yang mengganggu tersebut, kata Dr. Eubanks. Iritasi lingkungan seperti asap, klorin kolam, dan bahkan cuaca kering atau berangin adalah penyebab umum yang juga dapat membuat mata terasa berpasir atau berbutir. Benda asing seperti bulu mata atau partikel kotoran bisa memberi efek yang sama. Tetapi dalam kasus ini, kemungkinan hanya satu mata saja yang berair. 

Mata Kering

Mata kering terjadi saat mata Anda tidak menghasilkan cukup air dan minyak untuk menjaga agar mata tetap terlumasi. 

"Saat mata mengering, kelenjar air mata dirangsang untuk menghasilkan air mata dalam jumlah berlebih," kata Dr. Eubanks.

Anda mungkin juga mengalami peningkatan sensitivitas atau mengalami kemerahan, perih, atau terbakar. Mata kering dapat disebabkan oleh hal-hal seperti dehidrasi, terlalu banyak melihat layar, atau mungkin merupakan komplikasi dari kondisi lain, seperti diabetes.

Alergi

Mata berair bersamaan dengan rasa gatal, kemerahan atau pengerasan kulit yang tampaknya menyerang saat Anda bangun tidur. Atau setelah menghabiskan waktu di luar bisa disebabkan oleh alergi terhadap iritasi seperti serbuk sari, ragweed atau jamur, menurut Johns Hopkins Medicine. Kulit gatal dan gejala yang tampaknya mereda saat Anda jauh dari iritasi adalah petunjuk lain bahwa mata berair memang disebabkan oleh alergi.

Konjungtivitis

Mata merah atau istilah medisnya konjungtivitis merupakan jenis peradangan yang terkadang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang dapat membuat mata berair serta nyeri, gatal, merah, sensitif, dan berisi lendir. Ketika disebabkan oleh infeksi, biasanya dimulai pada satu mata tetapi dapat dengan mudah berpindah ke mata lainnya apabila Anda menggosok mata.

Saluran Air Mata Tersumbat

Saluran air mata yang tersumbat biasanya hanya memengaruhi satu mata dan membuat mata sulit kering. Hasilnya mata mengalami kemerahan, bengkak, dan pengerasan kulit, bersamaan dengan kemungkinan infeksi yang lebih besar, menurut Mayo Clinic. Bayi cenderung paling terpengaruh, tetapi orang dewasa juga dapat mengalami penyumbatan saluran air mata akibat cedera mata, radang mata kronis, atau gangguan autoimun, kata Dr. Eubanks.

Bintitan

Bintitan adalah benjolan kecil, merah, seperti jerawat yang terbentuk saat kelenjar minyak di sekitar kelopak mata tersumbat dan terinfeksi. Ini menyebabkan mata Anda menghasilkan lebih banyak air mata serta lendir untuk mencoba melawan infeksi. Anda mungkin juga mengalami rasa sakit, kepekaan terhadap cahaya, dan pengerasan kulit kelopak mata.

Abrasi Kornea

Lecet kornea terjadi ketika suatu benda seperti logam, kotoran, atau bahkan kuku menggores permukaan mata. Abrasi kornea dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi, bersama dengan mata berair, kemerahan, penglihatan kabur, dan peka terhadap cahaya, menurut Cleveland Clinic. Mengalami mata kering, memakai lensa kontak, atau menggosok mata berulang kali dapat meningkatkan risiko abrasi kornea.