Studi Sebut Lakukan Aktivitas Harian yang Intens Selama 4 Menit Bisa Kurangi Risiko Kanker
Ilustrasi (Rdne Stock Project/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur terbukti mampu mengurangi risiko beberapa penyakit, seperti jantung dan kanker. Bahkan baru-baru ini, sebuah studi menyatakan bahwa menyibukkan diri mengerjakan aktivitas fisik harian yang intens selama empat menit setiap hari membantu mengurangi risiko kanker.

Studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Sydney di Australia, menunjukkan bahwa aktivitas fisik gaya hidup intermiten yang kuat (VILPA) dapat mengurangi risiko kanker hingga 32 persen, disadur dari Medical Daily, Selasa, 1 Agustus .

VILPA mengacu pada aktivitas singkat dari gerakan berat yang dilakukan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Yang meliputi pekerjaan rumah yang intens atau berjalan-jalan.

"Temuan dari studi besar ini menunjukkan bahwa VILPA 3 sampai 4 menit per hari dapat dikaitkan dengan penurunan risiko terjadinya kanker. Dengan demikian, VILPA bisa jadi alternatif menjanjikan untuk pencegahan kanker pada individu yang tidak dapat atau tidak termotivasi berolahraga di waktu senggang," tulis para peneliti dalam studi tersebut, yang diterbitkan dalam Journal Jama Oncology.

Tim penelitian mengevaluasi aktivitas harian sekitar 22.000 orang yang tidak melakukan olahraga teratur. Tiap orang diberikan sebuah perangkat yang dapat digunakan dengan tujuan agar peneliti dapat memantau aktivitas mereka.

Tim kemudian menindaklanjuti catatan kesehatan mereka hingga tujuh tahun dan menemukan 2.356 kasus kanker baru selama periode tersebut. Peserta yang menyelesaikan VILPA selama empat hingga lima menit memiliki risiko lebih rendah terkena kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan aktivitas berat sama sekali.

"Kami tahu mayoritas individu berusia paruh baya tidak berolahraga secara teratur yang meningkatkan risiko kanker. Tetapi hanya melalui munculnya teknologi yang dapat dikenakan seperti pelacak aktivitas, kami dapat melihat dampak besar aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari," kata penulis utama Emmanuel Stamatakis.

"Meningkatkan intensitas tugas sehari-hari hanya empat hingga lima menit sehari punya efek luar biasa terkait dengan pengurangan risiko kanker hingga 18 persen hingga 32 persen untuk jenis kanker yang terkait dengan aktivitas fisik," jelas Stamatakis.

VILPA membantu kebugaran kardio dan pernapasan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Para peneliti percaya faktor-faktor inilah yang mungkin berperan mengurangi risiko kanker.

“Kami perlu menyelidiki lebih lanjut kaitan ini melalui uji coba yang kuat. Tapi sepertinya VILPA mungkin merupakan rekomendasi mudah dan gratis yang menjanjikan dalam menurunkan risiko kanker.  Pada orang yang menganggap olahraga rutin sulit dilakukan atau tidak menarik,” tambah Stamatakis.

Yuk sempatkan waktu bergerak sebentar. Cukup sisihkan waktu empat hingga lima menit saja, bisa bikin tubuh Anda sehat dan menurunkan risiko penyakit kanker.