4 Alasan Pentingnya Personal Branding di Era Digital
Ilustrasi personal branding (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Personal branding merupakan salah satu strategi penting untuk bisa meraih kesuksesan dalam bisnis maupun karier. Tidak hanya brand atau produk bisnis saja yang perlu dilakukan personal branding, namun setiap diri individu pun perlu menerapkannya. Ada beberapa alasan pentingnya personal branding bagi setiap orang. 

Personal branding adalah membangun citra pada diri seseorang atau brand agar mudah dikenali oleh khalayak umum. Ketika seseorang membranding diri, maka akan menunjukkan nilai-nilai, karakter, serta kelebihan yang dimiliki agar berkesan bagi orang lain. Jadi bisa dikatakan personal branding adalah membentuk persepsi orang terhadap diri Anda secara profesional. 

Dengan berkembangan era digital, personal branding semakin mudah dilakukan. Personal branding bisa berjalan lebih efektif dengan memanfaatkan media sosial. Lantas apa saja alasan pentingnya personal branding sehingga Anda perlu melakukannya?

Alasan Pentingnya Personal Branding

Personal branding memberikan banyak manfaat bagi diri seseorang untuk kepentingan profesional, mulai dari karier atau pekerjaan, bisnis, hingga urusan percintaan. Saat ini hampir semua perusahaan melakukan profiling atau mengamati pelamar kerja melalui akun media sosial. Begitupun dalam dunia bisnis, orang-orang lebih sering menilai produk lewat postingan di media sosial. 

Personal branding menjadi modal Anda untuk bisa memikat publik atau target market. Berikut ini sejumlah alasan penting personal branding yang wajib Anda tahu.

Meningkatkan Kredibilitas

Salah satu manfaat penting dari personal branding adalah membantu meningkatkan kredibilitas Anda sebagai individu maupun perusahaan atau bisnis. Kredibilitas diri berarti kualitas, kapabilitas, dan keunggulan diri Anda yang membuat orang percaya atau terkesan. Bisa itu kredibilitas dalam hal keahlian, studi atau pendidikan, dan bisnis.

Memiliki kredibilitas yang baik akan membuat orang-orang mengakui dan mengapresiasi keahlian Anda di bidang tertentu. Dalam hal bisnis, seseorang akan percaya untuk menggunakan atau membeli produk yang Anda jual. Jadi personal branding menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kredibilitas dan reputasi Anda. 

Memperluas Relasi

Di era digital seperti sekarang, mencari teman atau menjalin relasi bisa dilakukan lebih mudah. Dengan melakukan personal branding di media sosial, Anda bisa memperluas relasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Di samping itu, personal branding bermanfaat signifikan untuk membangun koneksi dengan orang-orang yang sefrekuensi dengan Anda baik dalam hal karier, hobi, dan sebagainya. 

Dengan membangun citra diri yang positif orang-orang akan tertarik untuk berkenalan dengan Anda. Orang-orang jadi tidak ragu untuk menjalin pertemanan dengan Anda baik sebagai relasi biasa ataupun untuk kepentingan tertentu yang memiliki impact positif.

Semakin banyak relasi pertemanan Anda, maka secara tidak langsung akan meningkatkan peluang karier, bisnis, hingga percintaan. 

Menguatkan Eksistensi dan Tampak Menonjol

Hadirnya teknologi digital sebagai keterbukaan akses dan informasi, juga diiringi dengan tingginya tingkat kompetisi baik karier maupun bisnis. Di luar sana ada banyak orang yang memiliki keahlian sama seperti Anda atau menjual produk serupa dengan Anda pasarkan. Untuk bisa memenangkan persaingan, Anda harus bisa menguatkan eksistensi dan tampak menonjol di antara yang lain. 

Seseorang yang melakukan personal branding akan lebih mudah dikenali dan mampu menarik minat banyak orang. Anda perlu personal branding untuk menunjukkan keahlian atau skill agar orang-orang mau bekerja sama dan merekrut Anda sebagai pekerja profesional. Anda juga harus memperlihatkan perbedaan atau keunikan produk Anda agar target market lebih memilih produk Anda dibandingkan milik kompetitor. 

Semakin Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Aktivitas di media sosial terkadang membuat seseorang merasa insecure atau iri dengan kehidupan orang lain. Padahal setiap orang perlu memiliki sikap percaya diri dan menghargai dirinya. Saat melakukan personal branding, Anda akan dituntut untuk lebih mengenali diri Anda. Tanyakan pada diri sendiri, siapa diri Anda, apa keahlian Anda, apa minat atau hobi Anda, bagaimana kepribadian Anda, dan sebagainya. 

Membangun personal branding akan berjalan bersamaan dengan peningkatan kepercayaan diri Anda. Anda jadi bisa memiliki self-esteem dan self-value yang kuat yang berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan diri. Orang-orang yang percaya diri akan lebih mudah mendapat peluang karier maupun percintaan. 

Demikianlah ulasan mengenai alasan pentingnya personal branding pada diri setiap individu. Beberapa hal yang bisa menjadi modal untuk personal branding, yakni mulai dari keahlian, cara berkomunikasi, hobi, gaya berpakaian, wawasan atau bidang yang diminati, dan lainnya. Dalam istilah populernya, personal branding adalah cara untuk mempromosikan diri Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.