Cara Alami Membuat Rambut Keriting Tanpa Alat
Ilustrasi (Jean Alves/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mendapatkan rambut ikal tanpa alat pengeriting rambut bisa didapat dengan menggunakan berbagai metode. Berikut beberapa teknik yang bisa Anda coba. Ingat bahwa hasil akhir dapat bervariasi tergantung pada jenis rambut Anda dan metode yang Anda pilih.

Bereksperimenlah dengan teknik-teknik ini untuk menemukan yang paling cocok untuk Anda. Selain itu, menerapkan light-hold hairspray sebelum dan sesudah penataan dapat membantu mempertahankan bentuk ikal lebih lama.

Mengepang

Cuci rambut Anda dan biarkan mengering sampai agak lembap. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian dan kepang setiap bagian dengan erat. Anda dapat membuat kepang yang lebih kecil untuk ikal yang lebih rapat atau kepang yang lebih besar untuk ikal yang lebih longgar. Biarkan kepangan dalam semalam atau sampai rambut Anda benar-benar kering, lalu lepaskan kepangan dengan lembut untuk memperlihatkan ikal Anda.

Memutar

Mirip dengan mengepang, Anda bisa mendapatkan ikal dengan memelintir rambut Anda. Mulailah dengan rambut yang sedikit basah dan membaginya menjadi beberapa bagian. Ambil setiap bagian dan putar dengan kencang hingga mulai menggulung. Amankan bagian yang bengkok dengan ikat rambut atau jepit rambut, dan ulangi proses ini untuk semua bagian. Biarkan rambut dalam semalam atau sampai rambut Anda kering. Lalu uraikan dengan hati-hati untuk mendapatkan ikal.

Cepol

Metode ini paling cocok untuk rambut lembap. Bagilah rambut Anda menjadi beberapa bagian dan putar setiap bagian sampai membentuk sebuah bulatan. Setelah itu kencangkan dengan ikat rambut atau jepit rambut. Biarkan cepolan semalaman atau sampai rambut Anda kering, lalu lepaskan ikatan atau jepit rambut untuk melepaskan ikal Anda.

Ikal jepit

Mulailah dengan rambut kering dan bagi menjadi beberapa bagian kecil. Ambil setiap bagian dan gulung pada jari Anda, menjadi gulungan kecil.Setelah itu, jepit gulungan tersebut menggunakan jepit rambut. Ulangi proses ini untuk semua bagian rambut. Biarkan ikal pin dalam semalam atau selama beberapa jam, lalu lepaskan pin dengan hati-hati.

Menggunakan bandana

Mulailah dengan rambut yang sedikit basah. Tempatkan bandana karet di atas kepala. Kemudian ambil rambut Anda sedikit demi sedikit dan lilitkan di ikat kepala,selipkan ujungnya di bawah. Lanjutkan melilitkan bagian rambut sampai semua rambut Anda terlilit pada ikat kepala. Diamkan semalaman atau hingga rambut benar-benar kering, lalu buka lilitan rambut pada bandana karet perlahan untuk hasil memuaskan.