6 Jenis <i>Facial</i> yang Perlu Disesuaikan dengan Kebutuhan Kulit Wajah
Ilustrasi jenis facial sesuai kebutuhan kulit wajah (Freepik/pressfoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Terdapat begitu banyak pilihan untuk perawatan wajah, khususnya facial. Oleh karena itu, penting memilih jenis facial yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan kulit wajah Anda. Facial adalah perawatan wajah yang dilakukan mulai dari merawat paling dasar hingga tujuan khusus, seperti mengurangi komedo, mengangkat sel kulit mati atau dikenal dengan eksfoliasi, dan lainnya.

Sebelum melakukan facial, biasanya ada sesi konsultasi. Layanan ini diberikan agar para ahli kecantikan merawat kulit wajah Anda dengan tepat. Selanjutnya, dilakukan steamer, mengencangkan, mengaplikasikan produk seperti masker, pijat wajah, dan pemakaian tabir surya. Meski tahapan tersebut dilakukan sebagian besar layanan kecantikan, tetapi beberapa facial yang umum ditawarkan antara lain sebagai berikut.

1. Facial standar

Facial yang standar, menggabungkan sebagian besar atau langkah yang disebutkan di atas. Dalam kebanyakan kasus, perawatan ini berfokus pada relaksasi dengan mengaplikasikan pijat kulit kepala, aromaterapi, dan musik lembut yang mengiringi.

jenis facial sesuai kebutuhan kulit wajah
Ilustrasi jenis facial sesuai kebutuhan kulit wajah (Freepik/valuavitaly)

2. Facial hidrasi

Tujuan jenis facial yang kedua ini, memberikan dorongan hidrasi pada kulit kering agar tetap kenyal dan bercahaya. Karena itu, perawatan berfokus menggunakan bahan khusus seperti asam hialuronat, kolagen, dan minyak, serta masker lembaran, ampul, dan produk lain yang memberikan kelembapan kulit.

3. Facial untuk wajah berjerawat

Jika Anda memiliki jerawat biasa, facial ini bisa jadi pilihan. Ahli kecantikan yang melakukan facial akan fokus pada langkah ekstraksi, mungkin juga menambahkan sorot lampu LED untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, perawatan akan menggunakan es dan masker penenang untuk meredakan peradangan serta mengurangi kemerahan.

jenis facial sesuai kebutuhan kulit wajah
Ilustrasi jenis facial sesuai kebutuhan kulit wajah (Freepik)

4. Facial anti penuaan

Facial anti penuaan, akan fokus pada mengencangkan kulit dan melembutkan garis-garis halus serta kerutan. Selain menggunakan pengelupasan lembut dan produk anti penuaan, ahli kecantikan juga memakai perangkat toning.

5. Facial untuk wajah glowing

Untuk membuat kulit wajah glowing, diperlukan pengelupasan atau eksfoliasi dengan asam alfa hidroksi atau asam glikolat, laktat, atau malat dan kombinasinya. Bisa juga melakukan mikrodermabrasi menggunakan kristal kecil. Mikrodermabrasi ini bermanfaat menghilangkan kotoran dari kebiasaan merawat kulit wajah sehari-hari.

6. Sculpting facial

Facial sculpting, dilansir Women’s Health, Rabu, 12 Juli, bertujuan mengencangkan dan benar-benar mengangkat kulit yang menyebabkan teksturnya tidak rata. Facial jenis ini, menggunakan stimulasi elektromagnetik atau pijatan yang mengencangkan otot-otot wajah. Dengan begitu, kulit wajah akan tampak kencang dan lebih terangkat.

Secara umum, manfaat facial wajah antara lain untuk menghidrasi, plumping, menghilangkan kusam, dan memberikan peremajaan kulit. Namun perlu diingat, tujuan dari perawatan perlu disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda.