Jadi Favorit Generasi Z, Chef Devy Anastasia Ungkap Manfaat Jajanan Berbahan Dasar Keju
Chef Devy Anastasia (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Jajanan berbahan dasar keju menjadi favorit generasi Milenial dan Generasi Z. Sejak tahun 2018 hingga tahun 2022, Euromonitor mencatat penjualan keju di Indonesia telah tumbuh lebih dari 150 persen.

Angka ini menunjukkan bahwa produk olahan susu tersebut semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Menurut Statista Market Insight, 55% konsumen makanan ringan di Indonesia adalah kelompok Milenial dan Gen Z.

“Keju sudah banyak digunakan sebagai bahan baku utama atau sekedar pelengkap di berbagai olahan makanan di Indonesia. Rasanya yang gurih dan asin mudah diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Keju cocok dikombinasikan makanan dengan rasa manis dan pedas," ujar Devy Anastasia, finalis MasterChef Indonesia Season 9 dalam rilis yang diterima VOI, Senin, 26 Juni.

Selain rasanya enak, keju memiliki banyak manfaat seperti sumber protein dan kaya akan kalsium. "Protein penting untuk memperbaiki jaringan, membangun otot, dan menjaga kesehatan umum. Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang sehat, menjaga fungsi otot yang normal, dan menjaga kesehatan gigi," tmbah Chef Devy.

Berdasarkan data tersebut, OT Group sebagai salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia memperkuat lini produk dengan mengeluarkan produk rasa keju dengan brand chizmill balls.

“Market size industri makanan ringan di Indonesia pada tahun 2023 diperkirakan sebesar USD 7.84 milyar. Industri ini masih menjanjikan. OT Group memiliki lini produk makanan ringan yang cukup luas dan lengkap. Dari consumer insights yang kami dapatkan, Generasi Milenial dan Generasi Z yang merupakan konsumen makanan ringan terbesar saat ini di Indonesia, cenderung menyukai dan mencoba hal-hal baru, termasuk makanan ringan. Hal ini merupakan tantangan bagi kami untuk terus berinovasi menciptakan makanan ringan yang digemari oleh mereka. Chizmill Balls adalah salah satu inovasi kami terbaru, makanan ringan jenis extruded berbahan keju yang diinspirasi oleh keju khas Italia yaitu Grana Padano,” papar Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group pada acara peluncuran Chizmill Balls di Jakarta.

Grana Padano atau sering disebut juga King of Cheese adalah keju yang berasal dari Italia Utara dan sudah dikenal sejak abad ke-12. Grana Padano dibuat dari susu skim milk yang tidak terpasteurisasi namun difermentasi selama dua tahun lamanya sehingga menghasilkan rasa keju yang mature. Disebut Grana Padano karena memiliki tekstur yang terdiri dari butiran (Grana).

Terkait