Tips Kombinasi Bahan Infused Water yang Segar dan Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Kombinasi bahan infused water (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Infused water menjadi alternatif minuman sehat yang digemari banyak orang sejak beberapa waktu belakangan. Infused water adalah air yang terbuat dari rendaman atau telah diresapi oleh buah-buahan dan sayuran. Minuman ini sangat baik untuk kesehatan tubuh karena terbuat dari bahan alami yang kaya nutrisi. Lantas bagaimana cara kombinasi bahan infused water?

Infused water sering dipilih sebagai minuman bagi orang-orang yang menerapkan gaya hidup sehat. Infused water memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari membantu menurunkan berat badan, memperlambat penuaan, melancarkan pencernaan, menambah imunitas tubuh, dan sebagainya. 

Saat membuat infused water, Anda bisa memilih sendiri buah-buahan yang akan digunakan untuk rendaman airnya. Namun masih banyak yang bingung cara kombinasi bahan infused water yang tepat. 

Cara Kombinasi Bahan Infused Water

Racikan infused water bisa dibuat sendiri sesuai dengan keinginan masing-masing orang. Berikut ini tips beberapa kombinasi bahan infused water yang bisa Anda pilih. 

Jeruk Nipis, Melon, dan Blewah

Jika Anda ingin membuat infused water dengan rasa segar dan sedikit asam, kombinasi bahan yang bisa Anda pilih adalah jeruk nipis, melon, dan blewah. Jeruk nipis akan menghadirkan rasa asam pada air. Sementara itu buah melon memberikan rasa manis yang membuat minuman infused water jadi lebih segar. 

Kombinasi buah-buahan tersebut memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis berperan untuk menjaga imun tubuh dan mengatasi peradangan. Buah melon dan blewah mengandung vitamin B6, vitamin C, dan vitamin A yang juga berfungsi menyehatkan tubuh. 

Semangka, Stroberi, dan Daun Kemangi

Infused water dengan rasa asam-manis juga bisa Anda hasilkan dari kombinasi buah semangka, stroberi, dan daun kemangi. Bahan-bahan tersebut akan membuat minuman infused water memiliki cita rasa yang unik di lidah. Supaya rasa dan nutrisi dalam buah bisa meresap secara maksimal, Anda bisa memotong-motong semangka dan mengiris stroberi dalam bentuk kecil-kecil. 

Selain memberikan kesegaran, infused water dari perpaduan buah tersebut juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi dalam buah-buahan tersebut dapat memperlancar pencernaan dan mengisi kembali cairan yang hilang setelah berolahraga. Tidak hanya kaya akan nutrisi, infused water tersebut juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh. 

Jeruk Bali, Kulit Lemon, dan Rosemary

Kombinasi bahan lainnya yang bisa Anda pilih untuk membuat infused water yaitu dari buah Jeruk Bali, Kulit Lemon, dan Rosemary. Tidak banyak orang yang menggunakan jeruk bali dan rosemary sebagai bahan infused water. Padahal buah tersebut memberikan kesegaran yang alami dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Buah jeruk bali mengandung antioksidan dan vitamin C. Sementara rumput rosemary menyimpan vitamin B dan zat besi. Perpaduan buah tersebut dapat membantu badan Anda kembali segar setelah berolahraga atau menjalani aktivitas berat. Sementara itu, kulit lemon bermanfaat untuk mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, hingga mencegah rambut rontok. 

Lemon, Jahe, dan Timun

Infused water juga bisa dibuat dari empon-empon atau rempah-rempah. Anda bisa mengkombinasikan buah lemon, jahe, dan timun untuk membuat infused water yang memberikan kesegaran yang berbeda. Ada banyak manfaat yang akan Anda rasakan saat meminum infused water dari bahan-bahan tersebut. 

Lemon terkenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bermanfaat baik bagi pencernaan dan imunitas tubuh. Sementara buah timun mengandung antioksidan yang bermanfaat membantu tubuh dalam menangkal racun. Selain itu, adanya jahe juga bermanfaat untuk mengurangi masalah perut dan meningkatkan kesehatan pernafasan. 

Demikianlah rekomendasi kombinasi bahan infused water yang bisa Anda racik sendiri. Bahan-bahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di supermarket maupun pasar tradisional. Dengan mengonsumsi infused water, Anda bisa memiliki kesehatan tubuh yang lebih terjaga. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.