5 Herbal Alami yang Umum Digunakan untuk Kucing
Ilustrasi herbal untuk kucing (Freepik/wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Herbal alami kerap dimanfaatkan untuk teh dalam tujuan tertentu, termasuk sebagai penenang. Untuk kucing, herbal tetentu umum diformulasikan menjadi suplemen dengan tujuan sebagai penenang atau pengobatan stres. Ini biasanya diresepkan untuk kucing domestik yang mengalami gangguan perilaku dan membutuhkan penenang. Melansir PetMD, Rabu, 14 Juni, meskipun sedikit sekali penelitian ditemukan tentang seberapa efektif ramuan herbal alami di bawah ini, tetapi bisa menjadi referensi. Berikut daftar herbal alami yang umum digunakan untuk kucing.

1. Ashwagandha

Dalam penelitian pada manusia atau hewan percobaan berupa tikus, ashwagandha berasal dari tumbuhan semak berukuran kecil yang dimanfaatkan dalam pengobatan Ayurveda. Ashwagandha telah terbukti mengurangi tingkat kortisol dan hormon terkait stres pada manusia.

2. Chamomile

Salah satu pengobatan yang paling banyak digunakan di dunia adalah chamomile. Diperkirakan bung aini dapat mengubah tingkat neurotransmitter di otak dengan mengikat reseptor sama seperti obat diazepam. Namun kalau penggunaan untuk kucing, perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan.

herbal untuk kucing
Ilustrasi herbal untuk kucing (Freepik)

3. Hops

Hops merupakan obat penenang. Umumnya efek samping setara dengan minum satu atau dua kaleng bir. Seperti herbal alami di atas, untuk kucing biasanya diformulasikan terlebih dahulu oleh dokter hewan atau pakar yang memahami takaran serta racikan yang pas untuk masalah perilaku pada kucing.

4. Lemon balm

Lemon balm adalah tanaman herba dalam famili mint yang banyak tumbuh di Mediterania, Iran, dan Asia Tengah. Namun saat ini tanaman ini dinaturalisasi di tempat lain dengan pertumbuhan maksimum satu meter. Lemon balm telah digunakan sejak Abad Pertengahan dan penelitian pada manusia menunjukkan bahwa tanaman ini membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

5. Passionflower

Bunga yang berwarna ungu termasuk sebagai tanaman aprikot liar dan tumbuh merambat. Bunga passionflower dikenal luas sebagai tanaman obat yang digunakan untuk berbagai tujuan. Termasuk diantaranya untuk mengatasi kecemasan dan stres.

herbal untuk kucing
Ilustrasi herbal untuk kucing (Freepik)

Selain kelima herbal alami di atas, esensial oil yang memendarkan aroma juga bisa membantu sebagai penenang, terutama untuk kucing domestik. Namun perlu diperhatikan, jangan pernah memberikan herbal alami atau minyak esensial secara oral atau menerapkannya langsung ke kucing tanpa pengawasan dokter hewan. Baik herbal alami maupun minyak esensial lavender, bisa digunakan untuk difusser sehingga menghasilkan aroma lembut tanpa bersentuhan langsung dengan anabul kesayangan di rumah.