Bab Berdarah Saat Hamil: Jangan Panik Kalau Gejalanya Seperti Ini
Bab Berdarah Saat Hamil (Gambar Pexels - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pastinya, banyak pergantian yang dirasakan ibu kala masa kehamilan datang. Terkadang, susah membedakan pergantian yang normal dirasakan ataupun tidak. Apalagi, membuat panik ibu kala melihatnya. Salah satu keluhan yang kerap timbul pada masa kehamilan yakni BAB berdarah. Apa yang wajib Kalian lakukan dikala terjadi?

Yakinkan Asal BAB Berdarah Terlebih Dulu

Saat sebelum menanggulangi BAB berdarah, ada baiknya Kalian membenarkan asal jalan keluarnya darah. Yakinkan aliran darah tersebut berasal dari anus bukan jalur lahir. Kebanyakan ibu berbadan dua sangat panik kala memandang bercak darah yang terdapat di celana dalam. Perihal ini membuat mereka tidak menyadari pendarahan tersebut berasal.

Sementara itu, perihal tersebut berarti buat diketahui. Apabila perdarahan berasal dari Miss V, pastinya ini lebih beresiko. Harusnya, Kalian diperiksa lebih lanjut ke dokter kandungan.

Bila berasal dari proses pembuangan feses, Kalian bisa bernapas sedikit lega. Biasanya, perihal ini diakibatkan oleh wasir serta konstipasi. Sesungguhnya, lebih dari 50% ibu berbadan dua mengaku sempat hadapi wasir semasa kehamilan.

Permasalahan Wasir ini bisa merangsang timbulnya sembelit. Pastinya, inilah yang keluhan BAB berdarah mencuat. Sembelit ini menimbulkan Kalian kesusahan menghasilkan feses sehingga harus menekan lebih keras.

Cara inilah yang menimbulkan muncul cedera di anus sehingga BAB jadi berdarah. Dikutip dari Mom Junction, keadaan ini diketahui dengan sebutan anal fissures ataupun celah anal. 

Cara Mencegah Bab Berdarah Saat Hamil

Dikutip dari Babycenter, buat menanggulangi keluarnya darah dari lubang anus dikala BAB, Kalian wajib mengalami konstipasi terlebih dahulu. Perihal ini sebab konstipasi jadi pemicu utama kotoran ibu berbadan dua berdarah. Berikut ini sebagian hal yang bisa dicoba:

Memperbanyak Mengkonsumsi Serat

Kalian dapat berupaya perbanyak mengkonsumsi serat. Misalnya saja dari buah, sayur- mayur, serta oatmeal. Mengkonsumsi serat bakal menolong memperlancar pencernaan dan melunakkan BAB.

Pastinya, metode ini bisa menghindari terbentuknya wasir. Tidak hanya memperoleh khasiat serat, teratur mengkonsumsi buah serta sayur pula membuat Kalian memperoleh bermacam khasiat kesehatan dari vitamin serta mineralnya.

Komsumsi Masakan Mengandung Probiotik

Tidak hanya serat, mengkonsumsi masakan mengandung probiotik juga sehat untuk saluran pencernaan. Ini sebab probiotik berguna untuk kuman baik yang hidup dalam saluran pencernaan Kalian.

Zat ini kerapkali dapat Kalian miliki dari santapan yang lewat proses fermentasi. Misalnya saja, yoghurt, acar, kimchi, serta miso.

Pastikan Cukup Komsumsi Air Putih

Berikutnya, yakinkan Kalian cukup minum. Secara simpel, targetkan minum minimun 8 gelas per hari. Tidak hanya itu, Kalian dapat memperhitungkan kecukupan cairan dari air seni. Air seni yang bercorak bening kekuningan biasanya menunjukkan Kalian telah cukup minum.

Kerapkali, ibu berbadan dua khawatir buat minum mengingat salah satu keluhan lain yang kerap timbul dikala kehamilan yakni kerap buang air kecil. Sementara itu, cukup cairan dibutuhkan sehingga feses yang dikeluarkan tidak keras.

Jangan Menunda BAB

Kerutinan buang air besar pula ikut mempengaruhi terhadap timbulnya wasir. Terlebih jika Kalian kerap menunda mengeluarkan kotoran walaupun telah terdapat rasa mulas. Bila memungkinkan, upayakan buat BAB teratur sehingga Kalian tidak menunda buat mengeluarkannya.

Waktu sehabis makan (misalnya makan pagi) ini lumayan sempurna. Perihal ini mengingat biasanya usus bekerja lebih sehabis makan. Pastinya, ini ikut mendesak timbulnya rasa mulas.

Mulai Teratur Berolahraga

Kegiatan pula mempengaruhi terhadap kerja saluran pencernaan Kalian. Dengan teratur menerapkan berolahraga, saluran pencernaan pula bakal terpacu buat bekerja dengan baik sehingga proses keluarnya feses lebih mudah.

Meski keluhan lemas serta gampang letih kerapkali dirasakan bumil, jangan dijadikan alibi buat tidur- tiduran sepanjang hari. Sempatkan sedikit waktu buat beraktifitas serta melakukan olah- raga yang disukai. Kalian serta bakal anak juga tentu bakal lebih sehat. 

Jadi setelah mengetahui bab berdarah saat hamil, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!