4 Tips Memilih Jenis Hewan Peliharaan yang Tepat untuk Anak
Ilustrasi (Christian Domingues/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan adalah kebahagiaan tersendiri, terlebih untuk menemani buah hati mereka. Hewan peliharaan dapat mengajarkan anak mengenai tanggung jawab, kepercayaan, kasih sayang, hingga kesabaran.

Karena itu memilih jenis hewan peliharaan tak bisa sembarangan. Anda membutuhkan pertimbangan yang cermat. Mengutip Times of India, Rabu, 17 Mei, berikut faktor yang perlu diperhatikan untuk memilih hewan peliharaan untuk anak.

Ukuran

Pertimbangkan ukuran hewan peliharaan dan seberapa cocok peliharaan tersebut dengan rumah Anda. Hewan yang lebih besar biasanya lebih sulit ditangani dan dapat menimbulkan risiko bagi anak kecil. Hewan berukuran sedang hingga kecil lebih cocok untuk keluarga yang tinggal di apartemen. Jika rumah Anda memiliki halaman, peliharaan seperti anjing mastiff bisa jadi pertimbangan.

Perawakan

Tentukan ras hewan peliharaan yang memiliki perawakan ramah dan sabar. Hewan yang dikenal tenang dan penyayang adalah pilihan yang baik untuk keluarga dengan anak-anak. Golden Retriever, Beagles, Poodles, Pugs, British Shorthair, Maine Coon, dan Persian adalah beberapa rekomendasi pilihan untuk Anda.

Level energi

Pertimbangkan tingkat energi hewan yang akan Anda pelihara. Hewan berenergi tinggi membutuhkan banyak olahraga dan keterlibatan waktu bermain, sedangkan yang berenergi rendah mungkin lebih cocok untuk keluarga yang lebih menyukai gaya hidup santai.

Kemampuan untuk dilatih

Hewan peliharaan yang mudah dilatih dan mau belajar bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Anjing maupun kucing cerdas dan senang bekerja dengan manusia adalah pilihan yang baik untuk keluarga dengan anak-anak.

Penting diingat untuk bersosialisasi, merawat, dan melatih hewan peliharaan Anda dengan benar, apapun rasnya. Untuk memastikan bahwa peliharaan merasa aman dan dicintai sehingga bisa berperilaku baik di sekitar anak-anak.