Fakta Menarik Labuan Bajo yang Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN 2023, Kamu Wajib ke Sini
Ilustrasi Labuan Bajo (Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Labuan Bajo tengah jadi sorotan dunia. Pasalnya, Labuan Bajo jadi tempat diselenggarakannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023. Acara tersebut digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di luar dari acara tersebut, ada beberapa fakta menarik Labuhan Bajo yang perlu diketaui oleh masyarakat.

Fakta Menarik Labuan Bajo

Seperti diketahui, Labuan Bajo adalah salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi NTT. Labuan Bajo memang jadi destinasi wisata yang banyak digemari oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Ada beberapa fakta menarik tentan Labuan Bajo yang membuat tempat tersebut disukai oleh wisatawan yakni sebagai berikut.

  1. Memiliki Beragam Destinasi Wisata

Labuan Bajo banyak disebut sebagai Surga Dunia. Pasalnya, wilayah tersebut memiliki pemandangan yang indah ditambah destinasi wisata yang sangat beragam.  Labuan Bajo dikelilingi oleh pulau dan pantai yang menawan. Selain itu Labuan Bajo juga memiliki gua dan perbukitan yang menambah keindahan Labuan Bajo.

  1. Terdapat Pasir Merah Muda

Yang cukup menyita perhatian dari Labuan Bajo adalah adanya pantai dengan warna pasir merah muda. Kawasan ini dinamai dengan Pink Beach. Harus diketahui bahwa efek warna merah muda tersebut terjadi secara alamiah, yang disebabkan oleh hewan mikroskopis bernama Foraminifera. Hewan tersebut terbawa oleh ombak lalu hancur hingga bercampur dengan pasir pantai dan menimbulkan efek warna merah muda.

  1. Memiliki Danau Berair Asin

Keunikan lain yang dimiliki oleh Labuan Bajo adalah adanya danau berair asin. Danau tersebut memiliki kedalaman kurang lebih 2 meter dengan lebar hanya 20 meter. Di danau ini banyak wisatawan yang bermain air tanpa khawatir tenggelam. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi danau ini, wisatawan dapat berkunjung ke Pulau Sembilan. Sebutuan Sembilan diambil karena bentuk pulau ini mirip dengan angka 9.

  1. Memiliki Pemandangan Bawah Laut yang Indah

Fakta menarik lain tentang Labuan Bajo adalah keindahan alam bawah laut. Tak heran banyak wisawatan yang memilih Labuan Bajo untuk melakuakn snorkeling. Salah satu spot snorkeling yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Pulau Sebayur. Di tempat ini penyelam akan menjumpai kasol rock, batu bolong, dan crystal rock. Selain itu terdapat pula ikan dengan beranekaragam warna dan corak.

  1. Labuan Bajo Berbeda dengan Pulau Komodo

Harus diketahui bahwa Labuan Bajo berbeda dengan Pulau Komodo. Meski begitu Labuan Bajo dianggap sebagai pintu gerbang menuju Pulau Komodo. Untuk sampai ke Pulau Komodo, wisatawan masih harus menyebrang dengan menyewa kapal dengan durasi perjalanan kurang lebih 2 jam perjalanan.

  1. Dinobatkan sebagai Destinasi Wisata Premium

Besarnya potensi Labuan Bajo membuat Pemerintah Indonesia menobatkan Labuan Bajo sebagai tempat wisata ekslusif atau premium. Penobatan tersebut dilakukan sejak 2019. Labuan Bajo juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memang dikhususkan sebagai tempat wisata.

Itulah beberapa informasi tentang fakta menarik Labuan Bajo. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.