Mengenal Tradisi Open House saat Lebaran, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?
Ilustrasi open house saat Lebaran. (foto: Freepik/Odua)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat lebaran biasanya pintu-pintu rumah akan terbuka lebar, karpet tergelar, dan meja-meja ruang tamu terisi penuh kudapan. Tuan rumah biasanya mengadakan open house bagi tamu yang ingin berkunjung untuk silaturahmi. Tradisi open house saat lebaran dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. 

Tradisi open house saat lebaran menandakan bahwa tuan rumah siap menerima kunjungan. Tidak hanya bagi keluarga besar saja, open house terbuka bagi tetangga, teman, atau siapa saja yang ingin berkunjung. Tuan rumah akan senang hati menyiapkan berbagai keperluan untuk menyambut para tamunya, mulai dari tempat yang bersih hingga sajian makanan. 

Pemilik rumah biasanya mengadakan open house setelah selesai salat Idul Fitri hingga beberapa hari ke depan. Lantas apa tujuan open house saat lebaran dan apa saja yang perlu disiapkan?

Tujuan Tradisi Open House saat Lebaran

Momen lebaran selalu identik dengan kumpul bersama dan tradisi open house. Rumah yang mengadakan open house menandakan bahwa pemiliknya mempersilakan tamu yang ingin datang. Tidak hanya sekedar menerima kunjungan untuk silaturahmi, tuan rumah akan menyediakan berbagai makanan lezat sebagai hidangan bagi tamunya. 

Berdasarkan laman dictionary, open house artinya sebuah rumah yang terbuka untuk semua teman yang ingin berkunjung. Istilah open house menurut laman merriam-webster memiliki arti sebagai keramah tamahan yang sudah dipersiapkan bagi tamu yang akan datang dan biasanya dilakukan secara informal. 

Sementara dalam bahasa Indonesia, open house dimaknai sebagai gelar griya atau acara yang biasa diadakan oleh institusi dan bisa didatangi oleh orang umum supaya dapat melihat-lihat sekaligus mempelajari institusi tersebut. 

Jadi bisa disimpulkan bahwa tradisi open house saat lebaran berarti terbukanya rumah untuk didatangi siapa saja saat lebaran untuk silaturahmi dan pemiliknya sudah mempersiapkan makanan sebagai jamuan. 

Open house menjadi tradisi yang penuh dengan suasana kebahagiaan dan kehangatan. Tuan rumah akan menyambut tamu dengan ramah dan melakukan obrolan sembari makan bersama. 

Tips Mengadakan Open House

Pemilik rumah yang mengadakan open house akan dengan sukarela mempersiapkan beberapa hal untuk memberikan kenyamanan bagi tamu yang datang. Apabila Anda dan keluarga ingin melakukan open house, maka berikut ini tips yang perlu disiapkan.

Membersihkan dan Merapikan Rumah

Sebelum mengadakan open house, pastikan Anda sudah membersihkan rumah. Tidak hanya mengepel dan menyapu lantai saja, namun Anda juga harus membersihkan kaca, dinding, hingga sofa atau kursi, perabotan-perabotan lainnya. 

Selain dibersihkan, Anda juga perlu menata isi di dalam rumah agar tampak rapi seperti mengatur letak kursi dan karpet. Dengan rumah yang bersih dan rapi, tamu yang berkunjung akan merasa nyaman dan senang datang ke rumah Anda. 

Menyajikan Makanan Lezat

Jangan lupa untuk menyiapkan sajian makanan bagi tamu yang datang di open house Anda. Selain jadi ajang silaturahmi, lebaran juga menjadi waktu untuk makan bersama. Anda bisa menyajikan berbagai santapan yang identik dengan lebaran, seperti opor ayam, es sirup, nastar, dan lainnya. 

Makanan untuk para tamu bisa Anda berikan setelah kegiatan silaturahmi. Anda bisa mengajak para tamu makan bersama sambil berbincang seru. Dengan menyediakan makanan, maka orang yang datang ke rumah Anda menjadi senang dan merasa dihargai. 

Memberikan Buah Tangan

Hal lain yang perlu Anda siapkan saat mengadakan open house adalah buah tangan atau bingkisan bagi tamu. Anda bisa memberikan bingkisan kepada keluarga atau teman yang datang sebagai bentuk terima kasih dan berbagi. Buah tangan diberikan pada saat tamu akan pamit pulang. 

Ada beberapa referensi buah tangan yang bisa Anda jadikan bingkisan bagi tamu saat open house, seperti kue kering, souvenir, dan lainnya. Jangan lupa untuk menyiapkan salam tempel bagi anak-anak. Dengan pemberian bingkisan dari Anda, para tamu akan selalu terkenang dengan kunjungan di rumah Anda. 

Demikianlah ulasan mengenai tradisi open house saat lebaran dan tips mempersiapkannya. Menggelar open house mendatangkan kebahagiaan tersendiri karena rumah akan ramai, sekaligus dapat bersilaturahmi dan berbincang dengan tamu.   

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.