5 Manfaat Berinteraksi Sosial untuk Suasana Hati dan Kualitas Hidup
Ilustrasi manfaat berinteraksi sosial (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Manusia adalah makhluk sosial yang secara alami membutuhkan interaksi dengan sesama manusia. Namun seiring dengan majunya teknologi, interaksi digital meningkatkan rasa kesepian. Menurut laporan penelitian tahun 2019, sebelum pandemi sebanyak 3 dari 5 orang Amerika dilaporkan mengalami kesepian. Pasca pandemi, jumlahnya meningkat terutama di kalangan anak muda.

Berangkat dari fakta di atas, manusia yang kurang berinteraksi sosial dan kurangnya dukungan teman sebaya, memiliki kesehatan mental yang buruk. Mengingat hal tersebut, maka berikut manfaat berinteraksi sosial untuk suasana hati dan kualitas hidup.

1. Menyeimbangkan kehidupan sehari-hari

Manusia memiliki aktivitas sehari-hari yagn sibuk. Mulai dari bekerja, berperan sebagai orang tua, melunaskan tanggung jawab, dan menjalankan tugas lainnya. Oleh karena banyaknya kesibukan sehari-hari, berinteraksi sosial dapat membantu menyeimbangkan peran dan tugas sehari-hari.

manfaat berinteraksi sosial
Ilustrasi manfaat berinteraksi sosial (Freepik/javi_indy)

2. Meningkatkan kesehatan mental

Koneksi sosial dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan mental. Seperti meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan harga diri. Ini ditunjukkan dari hasil penelitian oleh American Cancer Society (ACS) yang memeriksa data dari lebih dari 580.000 orang dewasa dan menemukan bahwa isolasi sosial menyebabkan depresi, insomnia, dan penurunan kognitif.

3. Memperpanjang umur

Penelitian lain dilansir PsychCentral, menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan kemungkinan kematian setidaknya 50 persen. Kurangnya hubungan manusia ditemukan lebih berbahaya daripada obesitas dan merokok.

4. Peningkatan kualitas hidup

Kesepian tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan emosional. Kurangnya berinteraksi sosial, menurut penelitian tahun 2019, dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung, dan merokok. Studi lain mengaitkan bahwa isolasi sosial yang kurang meningkatkan risiko terkena stroke dan penyakit jantung sebanyak 30 persen.

manfaat berinteraksi sosial
Ilustrasi manfaat berinteraksi sosial (Freepik/gpointstudio)

5. Peningkatan pemenuhan

Seseorang akan merasakan tawa dan tangis dari berinteraksi dengan teman dekat. Pada saat-saat bersama teman, seseorang dapat mengekspresikan emosinya sehingga otak melepaskan dopamine serta endorphin. Dengan begitu akan merasakan nyaman, bahagia, dan peningkatan suasana hati.

Itulah kelima manfaat berinteraksi sosial untuk suasana hati dan kualitas hidup. Karena berperan besar dalam kehidupan, maka Anda bisa meningkatkan koneksi dengan sekitar Anda secara tepat dan efektif.