<i>Gak</i> Harus Baru, Ikuti 5 Tips Memadukan Pakaian Lama untuk Lebaran
Ilustrasi tips memadukan pakaian lama untuk lebaran (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mendekati lebaran, persiapan demi persiapan dilakukan untuk menyambut momen berakhirnya bulan Ramadan. Tentu selain hidangan di meja ruang tamu, Anda dan keluarga menyiapkan pakaian untuk lebaran. Apabila Anda tidak berencana membeli pakaian baru dan ingin berkreasi memadukan pakaian lama untuk lebaran, bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Pilih pakaian yang nyaman

Perayaan Idul Fitri membutuhkan pakaian yang nyaman karena mungkin akan berlangsung lama dan melelahkan. Artinya, penting untuk membuat daftar pakaian mana di lemari Anda yang paling nyaman dan santun untuk dipakai lebaran. Pilih pakaian dengan kain ringan dan sirkulasi udara baik. Misalnya pakaian berbahan linen yang membuat kulit sejuk dan nyaman sepanjang hari.

tips memadukan pakaian lama untuk lebaran
Ilustrasi tips memadukan pakaian lama untuk lebaran (Freepik)

2. Padukan warna-warna secara kreatif

Sebelum memadukan gaya, pertama adalah mencocokkan warna. Anda bisa memakai pakaian dengan komposisi warna meriah. Bisa juga dengan memadukan warna pastel. Kalau Anda suka, bisa memadukan warna kontras asalkan serasi.

3. Padukan dan kombinasikan

Tips memakai pakaian lama untuk lebaran, pada prinsipnya soal memadukan dan mengkombinasikan. Anda bisa bergaya minimalis, misalnya memakai gamis yang elegan dengan hijab warna sesuai selera. Selain itu, bisa juga memadukan blus yang longgar dengan maxi dress. Untuk langkah ini, Anda bisa bermain-main dengan tektur dan kain untuk menciptakan penampilan yang otentik.

tips memadukan pakaian lama untuk lebaran
Ilustrasi tips memadukan pakaian lama untuk lebaran (Freepik)

4. Tambahkan aksesoris

Aksesoris dapat menciptakan ilusi visual sesuai keinginan Anda. Kalau ingin tampil elegan, tambahkan kalung dan sepasang anting. Bisa juga menambahkan syal dengan sentuhan sederhana dan membuat balutan busana tetap sopan.

5. Pilih siluet sederhana

Memakai pakaian dengan siluet sederhana bukan berarti mengorbankan gaya. Anda tetap bisa memilih baju lengan panjang, gaun maxi, dan celana flare yang membangun kesan modis. Penting untuk diperhatikan, hindari pakaian ketat atau potongan leher yang rendah karena mungkin tak cocok untuk acara bersilaturahmi.

Itulah tips memadukan pakaian lama untuk lebaran Anda dan keluarga. Perlu diingat, memilih pakaian bisa mencerminkan kepribadian dan nilai-nilai yang dipegang. Lebih penting lagi, pilih gaya potongan, warna, dan aksesoris yang sederhana tanpa terkesan rumit.