Makanan Khas Lebaran Dari Berbagai Negara yang Gak Kalah Meriah Sama Indonesia
Makanan Khas Lebaran Dari Berbagai Negara (Gambar Shutterstock)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Hari raya Idul Fitri ialah hari istimewa buat umat muslim di seluruh dunia. Sehabis puasa sepanjang satu bulan, hari raya Idul Fitri jadi hari kemenangan buat umat Islam. Warga Indonesia memperingati budaya Idulfitri dengan menghidangkan santapan khas. Umumnya sajian hidangan disantap bersama keluarga besar. Pensaran gak dengan beberapa makanan khas lebaran dari berbagai negara?

Contoh santapan khas Idul Fitri ialah opor ayam, kupat, semur, sambal goreng, serta masih banyak lagi. Umat muslim di seluruh dunia pula memperingati Idul Fitri bersama keluarga serta saudara. Semacam di Indonesia, warga beragama Islam menyuguhkan hidangan khas buat menyongsong Idul Fitri. Berikut beberapa daftar santapan khas Idulfitri di berbagai negara;

Makanan Khas Lebaran Dari Berbagai Negara

Meloui dan Chicken Bastilla, Maroko

Negeri Maroko juga memiliki santapan enak khas Idulfitri loh, namanya Meloui serta Chicken Bastilla. Hidangan ini sering muncul di dikala hari raya Idul Fitri Datang. 

Meloui ialah cemilan yang dibuat dari terigu, gula, garam serta ragi, sebaliknya Chicken Bastilla merupakan kue yang dibuat dari bahan dasar ayam. 

Sup Mie La Mian, Tiongkok

Mie La Mian (Gambar @foodescape_id)
Mie La Mian (Gambar @foodescape_id)

Walaupun negeri ini diketahui dengan kalangan muslim yang minoritas lantas tidak membuat banyak orang muslim di Cina tidak bersemangat dikala memperingati Idulfitri. 

Terbukti dengan terdapatnya santapan khas dari negeri itu yang sering dihidangkan dikala Idulfitri datang, Sup Mie La Mian. Santapan yang satu ini dibuat dari adukan tepung terigu yang ditarik- tarik dengan tangan hingga panjang.

Baklava dan Iftariye, Turki

(Gambar Instagram @kamilas_delice)
Baklava (Gambar Instagram @kamilas_delice)

Selaku negeri di Eropa dengan kebanyakan muslim, Turki pastinya mempunyai santapan khas yang sering terdapat disaat Hari Raya datang, Baklava serta Iftariye. Baklava ialah masakan berbahan pastry yang dijadikan kue dengan komposisi berlapis- lapis serta berisi bermacam rupa potongan kacang yang setelah itu di atasnya bakal disiramkan sirup dan madu.

Sedangkan Iftariye ialah roti berupa semacam pizza dengan dihiasi bermacam topping yang terdiri dari kurma, buah zaitun, roti pide, pastirma, sampai keju.

Hyderabadi Haleem, India

(Gambar Instagram @k.hskitchen)
Hyderabadi Haleem (Gambar Instagram @k.hskitchen)

Negeri yang populer dengan busana sari ini tampaknya mempunyai santapan khas pula loh dikala Idulfitri, yakni Hyderabad Haleem. Hyderabad Haleem ialah santapan kesukaan warga India yang dibuat dari bubur gandum, daging lembu ataupun kambing, serta kacang lentil yang ditumbuk lembut. Sama semacam masakan India pada biasanya, Hyderabad Haleem pula terdiri dari bumbu semacam kunyit, jahe, jinten, kayu manis, cengkeh, lada hitam, bawang putih serta kapulaga.

Bubur Hyderabad Haleem ini biasa disajikan dikala panas dengan tambahan irisan telur rebus, ketumbar cincang, taburan bawang goreng dan perasan air jeruk lemon. 

Tabbouleh, Libanon

(Gambar Instagram @communityfoodcoop)
(Gambar Instagram @communityfoodcoop)

Bisa jadi untuk kalian nih yang senang berkunjung ke restoran Arab merasa tidak asing dengan masakanan yang satu ini. Tabbouleh jadi menu umum di kebanyakan restoran Arab. Di Libanon sendiri, santapan satu ini jadi menu wajib dikala Hari Raya Idul Fitri datang. 

Tabbouleh ialah salad khas Libanon yang terdiri dari belahan parsley, bawang bombay, daun mint, saus lemon, minyak zaitun serta bulgur yang ialah semacam seleral yang kerap dipakai selaku kombinasi dalam bermacam santapan khas Timur Tengah serta Yunani. Santapan ini biasa dimakan bersama Pita Bread. 

Italian Vegetarian Pasta, Amerika Serikat

Masakan khas Idulfitri dari negeri yang satu ini merupakan Italian Vegetarian Pasta. Pada disaat Idulfitri datang, umumnya umat muslim di negeri ini bakal memasak masakan ini dengan cara bersama- sama serta dimakan pula dengan cara bersama- sama. 

Tidak hanya Italian Vegetarian Pasta, terdapat pula masakan khas Idulfitri yang lain ialah Ayam Panggang Gaya Amerika. Santapan ini dihidangkan dengan taburan buah Cherry. 

Kahk, Mesir

(Gambar Instagram @ carmenfoodstylist.photographer)
(Gambar Instagram @ carmenfoodstylist.photographer)

Berlainan dengan negara- negara yang lain, perayaan Idul Fitri di negeri Mesir ternyata berlangsung sepanjang 4 hari loh . Buat masakan khas Idulfitri di negeri ini merupakan Kahk. Kahk merupakan kue bukat berisi kacang serta bertabur tepung gula dengan rendah kalori. Kue ini juga diyakini telah ada semenjak zaman Mesir kuno. Dikala Idulfitri, kue ini jadi menu wajib buat disajikan. 

Jadi setelah mengetahui makanan khas Lebaran dari berbagai negarai, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!