Minum Kopi Berlebihan, Ternyata Memengaruhi Kecantikan Kulit
Ilustrasi efek minum kopi pada kulit (Freepik/KamranAydinov)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Makanan dan minuman berperan dalam penampilan kulit kita. Selain perlu dirawat dengan tepat, kulit juga menyerap makanan serta minuman yang dikonsumsi. Soal minum kopi, FDA merekomendasikan membatasi sehari tak lebih dari 400 miligram perhari. Takaran tersebut setara dengan empat atau lima cangkir. Tetapi kalau Anda tak ingin memengaruhi pesona kulit Anda, maka ikuti penjelasan berikut tentang bagaimana bisa kopi memengaruhi penampilan.

Gary Goldenberg, dokter kulit bersertifikat berbasis di New York City mengatakan, tampaknya susu anorganik, gula putih, dan sirup juga berperan dalam tumbuhnya jerawat. Jika Anda mencampurkan dalam kopi dan meminumnya secara teratur, maka kopi bisa jadi sumber jerawat. Sebagai rekomendasi, Goldenberg menyarankan untuk memilih krimmer nondairy dan kopi tanpa pemanis.

“Kopi berkualitas buruk, apalagi jika diminum dengan produk susu yang bersumber dari sapi yang disuntik antibiotic, dapat mengganggu flora usus,” jelas Goldenberg dilansir Byrdie, Rabu, 12 April.

efek minum kopi pada kulit
Ilustrasi efek minum kopi pada kulit (Freepik/garetsvisual)

Flora usus ternyata berkaitan dengan berbagai aspek dalam tubuh. Seperti yang dijelaskan Whitney Bowe, dokter kulit berbasis di Ney York, jika usus meradang maka akan muncul peradangan pada kulit Anda. Penting pula diketahui bahwa salah pilihan makan juga dapat memperlambat pencernaan dan memengaruhi usus Anda.

“Ini memengaruhi mikrobioma usus Anda, dan pada gilirannya kalau usus bermasalah maka kulit juga akan terkena dampaknya,” jelas Bowie.

Secara singkat Bowie menjelaskan, kalau Anda penyuka kopi maka penting mempertimbangkan kualitasnya apalagi kalau diminum setiap hari. Kopi dengan kualitas buruk, apalagi jika diminum dengan susu berkualitas buruk pula, dapat mengganggu flora usus Anda.

Untuk menghindari risiko buruk pada kulit, sebenarnya tak perlu berhenti minum kopi. Anda cukup mengenali pola minum kopi secara sehat. Seperti pesan Goldberg, kafein terbukti bermanfaat karena bersifat sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Jika Anda peminum kopi berat, kopi yang mengandung kafein adalah sumber antioksidan yang melawan kerusakan akibat radikal bebas dan meminimalisir jerawat.

Campuran yang tak sehat yang menyebabkan kopi memicu jerawat. Kalau Anda suka dengan kopi hitam tanpa gula, maka pastikan biji kopi berkualitas yang Anda seduh. Produk topikal yang mengandung kopi juga bersifat anti inflamasi dan antioksidan.

Penjelasan di atas berarti bahwa selama Anda minum kopi dengan benar, maka kopi baik untuk kulit Anda. Tetapi jika salah satu dari racikan kopi, maka Anda bisa minum kopi dengan tambahan krim pada pagi hari.