Proses Penularan Rotavirus pada Anak yang Mewabah di Seluruh Dunia
Proses Penularan Rotavirus Pada Anak (Gambar Victoria_Watercolor - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rotavirus adalah infeksi umum di kalangan anak di bawah 5 tahun, menyebabkan penyakit dan diare. Virus ini terutama menyebar melalui kontak tangan ke mulut dengan permukaan atau makanan yang terkontaminasi. Lalu seperti apa sistem penularan rotavirus pada anak?

Rotavirus adalah penyebab utama gastroenteritis parah pada anak di bawah usia 5 tahun. Itu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan bahwa vaksin rotavirus melindungi sebagian besar anak di Dunia dari efek parah. Namun, anak-anak yang divaksinasi masih dapat terinfeksi dan menjadi sakit.

Penularan dari orang ke orang dapat terjadi di lingkungan tertutup seperti rumah, rumah sakit, dan pusat penitipan anak. Berikut penjelasan terkait penularan rotavirus pada anak.

Proses Penularan Rotavirus Pada Anak

Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) menyatakan bahwa rotavirus sebagian besar menyebar melalui kontak tangan ke mulut dengan kotoran yang mengandung virus.

Orang dapat menyebarkan virus jika tidak mencuci tangan setelah buang air besar, membersihkan anak yang buang air besar, atau mengganti popok anak. Virus dapat bertahan selama berjam-jam di tangan dan permukaan keras dan tetap menular di tinja hingga seminggu.

Orang yang tertular rotavirus mengeluarkan partikel virus dalam jumlah yang signifikan sebelum mereka menunjukkan gejala.

PAHO lebih lanjut menyarankan bahwa dosis menular adalah antara 10.000 dan 10 juta partikel virus. Tinja umumnya mengandung 100 miliar partikel per mililiter.

Apakah rotavirus dapat menular melalui udara?

Meskipun jalur fecal-oral adalah penyebab utama infeksi, National Health Service (NHS) Inggris menjelaskan bahwa orang juga dapat menyebarkan rotavirus melalui udara melalui batuk dan bersin.

Menurut a Review 2017, penularan rotavirus melalui tetesan udara dapat menjelaskan akumulasi cepat antibodi anti-rotavirus dalam 3 tahun pertama kehidupan seseorang, terlepas dari kondisi kebersihan dan sanitasi, tetapi para ilmuwan belum membuktikannya.

Bisakah rotavirus menyebar dari orang ke orang?

PAHO menyarankan bahwa penularan dari orang ke orang melalui tangan tampaknya bertanggung jawab atas penyebaran virus di lingkungan tertutup. Lingkungan seperti itu termasuk rumah, rumah sakit, dan pusat penitipan anak.

Anak-anak dapat menularkan virus melalui kontak langsung dengan mainan, makanan, dan satu sama lain. Anak-anak kemungkinan besar mendapatkan rotavirus dari Januari hingga Juni, dan mereka dapat menyebarkan virus ke anggota keluarga.

Melansir dari Sumber Tepercaya CDC menjelaskan bahwa orang menjadi terinfeksi ketika partikel rotavirus masuk ke mulutnya. Ini dapat terjadi ketika orang bersentuhan dengan kotoran yang mengandung virus, yang dapat terjadi dalam skenario berikut:

  • memasukkan tangan yang belum dicuci ke dalam mulut
  • menyentuh benda atau permukaan yang terdapat kotoran yang mengandung virus di atasnya, lalu memasukkan jari ke dalam mulut 
  • makan makanan yang disiapkan oleh tangan yang tidak dicuci.

Jadi setelah mengetahui proses penularan rotavirus pada anak, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!