Sedekah di Bulan Ramadan, Apa Saja Keutamaannya?
Ilustrasi (Said/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Selain menjalankan puasa dari terbit hingga terbenamnya matahari, umat Islam juga disarankan untuk banyak melakukan kebaikan di bulan Ramadan. Salah satu amalan kebaikan yang besar nilainya yaitu berbagi atau sedekah dengan sesama.

Banyak hadits menjelaskan tentang keutamaan sedekah saat Ramadan. Sebuah riwayat menyebutkan jawaban Rasulullah perihal keutamaan sedekah di bulan Ramadan. Sedekah pada bulan Ramadan memiliki keistimewaan luar biasa sebagaimana riwayat sahabat Anas bin Malik RA:

عَنْ اَنَسٍ قِيْلَ يَارَسُولَ اللهِ اَيُّ الصَّدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ 

Artinya, “Dari Anas dikatakan, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadan,’ (HR At-Tirmidzi).

Para sahabat juga menyaksikan kedermawanan dan kemurahan hati Rasulullah saat Ramadan dibanding bulan lainnya. Hal ini tertuang sebagaimana dalam riwayat Bukhari dan Muslim:

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ (أَجْوَدَ) مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ

Artinya, “Rasulullah SAW adalah orang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan,” (HR Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan dua riwayat di atas sudah jelas kalau Islam menganjurkan umatnya untuk mengeluarkan sedekah, sebab hal yang sama juga dilakukan oleh Rasulullah. Ini merupakan satu dari sekian banyak sifat Rasulullah yang bisa diteladani.

Al-Baijuri, mengutip Islam NU, Jumat, 24 Maret, menjelaskan keutamaan berbagi pada bulan Ramadan. Ganjaran berbagi pada bulan Ramadan dapat dilipatgandakan dibanding ganjaran berbagi pada bulan lainnya. 

ومبادرته لإكثار الصدقة لأنه صلى الله عليه وسلم كان أجود ما يكون في رمضان، وبالجملة فيكثر فيه من أعمال الخير لأن العمل يضاعف فيه على العمل في غيره من بقية الشهور 

Artinya, “(Orang berpuasa) dianjurkan segera memperbanyak sedekah karena Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati di bulan Ramadan. Seseorang dapat melakukan kebaikan secara umum karena ganjaran amal kebaikan apapun bentuknya akan dilipatgandakan dibandingkan ganjaran amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadan,” (Lihat Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Hasyiyatul Baijuri, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 1999 M/1420 H], cetakan kedua, juz I, halaman 562.

Demikianlah beberapa hadits yang membahas tentang keutamaan bersedekah di bulan Ramadan. Selain berpuasa, mari sempurnakan pahala ibadah Anda dengan bersedekah.