7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Menjelang Puasa Ramadan
Ilustrasi tips menjelang puasa (Freepik/fabrikasimf)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bulan penuh berkah yang diisi dengan ibadan puasa, Bulan Ramadan sebentar lagi akan tiba. Puasa, yang mana harus menahan haus dan lapar mulai fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa membutuhkan tubuh yang fit dan bugar agar senantiasa dapat beraktivitas selama menjalankannya. Melansir dari berbagai sumber, berikut tips menjaga kesehatan menjelang puasa Ramadan.

Menurut ahli hepatologi, Nizar Zein, MD., dalam literatur medis puasa dapat mengurangi peradangan, turunkan tekanan darah, turunkan kolesterol darah, dan mendukung penurunan berat badan. Dilansir Cleveland Clinic, Jumat, 17 Maret, ada pula teori yang menunjukkan bahwa puasa secara berkala dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit neurodegeneratif. Nah, kalau Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal baik secara fisikal maupun spiritual, berikut saran dokter Zein yang perlu disiapkan menjelang puasa.

1. Kurangi makan dan minum secara bertahap

Mengurangi makan dan minum secara bertahap selama beberapa hari sebelum puasa, membantu aktivitas puasa lebih ke depan lebih mudah. Karena kalau tiba-tiba melakukan puasa, bisa mengejutkan tubuh terutama bagi Anda yang tidak terbiasa berpuasa.

tips menjaga kesehatan tubuh menjelang puasa
Ilustrasi tips menjelang puasa (Freepik/drobotdean)

“Jangan makan tiga kali sehari penuh dengan camilan di antara waktu makan dan kemudian tiba-tiba berhenti makan suatu hari,” kata dokter Zein.

Kalau tubuh Anda terbiasa mengisi bahan bakar secara teratus, mungkin akan kesulitan mempertahankan tingkat energi selama berpuasa. Pertahankan pula asupan gula rendah menuju puasa.

2. Kurangi intensitas olahraga

Jika memungkinkan, Anda perlu mengurangi intensitas aktivitas. Tambah Zein, melakukan olahraga intens saat tidak makan dan minum bukan ide yang baik. Artinya Anda perlu berencana mengisi kembali nutrisi sementara waktu atau mengalokasikan energi untuk aktivitas penting sehari-hari.

3. Rencanakan pengobatan sebelumnya

Menjelang puasa, hendaknya Anda memeriksakan kesehatan secara keseluruhan. Bicarakan dengan dokter Anda tentang cara minum obat, apabila Anda harus minum obat rutin. Karena beberapa obat harus diminum dengan makan, maka kalau berpuasa perlu memastikan anjuran teknis dalam minum obat rutin.

4. Makan makanan berkalori secara bertahap

Di saat berbuka, perlu dipahami, Anda perlu mengisi kembali kalori secara bertahap. Daripada makan kalori secara langsung dan berlebihan. Lebih baik atur dua kali jam makan makanan berkalori  untuk menghindari perubahan gula darah. Peurbahan gula darah yang signifikan dan cepat, akan berefek melelahkan tubuh sehingga tak bisa beraktivitas kecuali rebahan.

tips menjaga kesehatan tubuh menjelang puasa
Ilustrasi tips menjelang puasa (Freepik)

5. Hindari ngemil

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mulai sesuaikan jam makan Anda. Kalau biasanya penuh tiga kali sehari, cobalah memotongnya secara bertahap. Di antara waktu makan, hindari ngemil. Dilansir  Al Arabiya, Anda perlu mulai membiasakan diri dengan hanya bisa makan serta minum pada malam hari atau di antara buka puasa hingga imsak.

6. Kurangi asupan kopi

Jika Anda pecinta kopi dan tidak ingin sakit kepala selama beberapa hari pertama Ramadan, mulailah mengurangi asupan kafein Anda sekarang. Beralihlah ke kopi tanpa kafein, atau minum sehari satu cangkir, lalu hentikan sama sekali.

7. Mengatur tidur

Jika biasanya Anda tidur larut malam dan bangun terlambat, mulailah mengatur tidur Anda dari sekarang. Karena selama Ramadan Anda akan bangun lebih awal untuk sahur. Artinya Anda mungkin juga tidur lebih awal. Sebagai alternatif, luangkan waktu tidur siang sedikit lebih lama. Apapun kebiasaan tidur yang Anda pilih, mulailah mengaturnya dari sekarang.

Itulah tips menjaga Kesehatan tubuh menjelang puasa Ramadan. Bagi sebagian orang, puasa aman dilakukan. Namun bagi beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu perlu dikonsultasikan pada tenaga medis atau ahli nutrisi.