Untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, Orang Dewasa Lebih Tua Perlu Olahraga Ini
Ilustrasi olahraga untuk menurunkan risiko penyakit jantung (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Melangkahkan kaki untuk berjalan santai pun bermanfaat bagi kesehatan orang dewasa lebih tua. Seperti yang telah dibuktikan dalam penelitian, untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menyehatkan otak, perlu berjalan kaki setidaknya 500 langkah.

Banyak penelitian mengeksplorasi pencegahan penyakit kardiovaskular. Salah satunya dengan berjalan kaki yang bermanfaat sekali untuk menurunkan risiko penyakit jantung, gagal jantung, dan stroke. Penelitian ini dipresentasikan pada konferensi Epidemiologi, Pencegahan, Gaya Hidup, dan Kesehatan Kardiometabolik diselenggarakan oleh American Heart Association di Boston. Temuan dari penelitian tersebut, orang dewasa lebih tua berusia 70 tahun ke atas, hanya perlu berjalan 500 langkah setiap harinya.

Dengan begitu, risiko penyakit terkait kardiovaskular lebih rendah. Ketua peneliti Erin E. Dooley mengungkapkan hasil penelitiannya. Tuturnya dilansir laman American Heart Association, Selasa, 14 Maret, “Melangkah adalah cara mudah untuk mengukur aktivitas fisik, dan lebih banyak langkah harian dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena penyakit terkait kardiovaskular pada orang dewasa yang lebih tua."

olahraga untuk menurunkan risiko penyakit jantung
Ilustrasi olahraga untuk menurunkan risiko penyakit jantung (Freepik)

Dooley, asisten professor epidemiologi di University of Alabama, Birmingham School of Public Health mengungkapkan data. Bahwasanya, penyakit kardiovaskulat bertanggung jawab atas banyak kematian di AS setiap tahunnya. Dibandingkan penyakit kanker dan penyakit pernapasan, penyakit jantung lebih banyak kasus. Maka, tetap aktif secara fisik dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, dan sasaran langkah harian adalah cara yang mudah diukur untuk melakukannya.

Dalam penelitian sebelumnya, para peneliti menganalisis data dari 2016 hingga 2017 untuk 452 orang dewasa yang lebih tua dalam Atherosclerosis Risk in Communities. Orang dewasa memakai akselerometer, alat yang mirip dengan pedometer, di pinggul untuk mengukur langkah selama tiga hari atau lebih, setidaknya 10 jam setiap hari. Peserta memiliki usia rata-rata 78 tahun dan diikuti selama 3,5 tahun. Analisis tersebut menemukan bahwa orang dewasa yang melakukan sekitar 4.500 langkah per hari memiliki kemungkinan 77% lebih kecil untuk mengalami kejadian kardiovaskular.

Penyakit kardiovaskular didefinisikan sebagai penyakit jantung koroner, stroke, atau gagal jantung. Mereka yang berjalan kaki sekitar 4.500 langkah, risiko mengalaminya jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang melakukan kurang dari 2.000 langkah per hari. Perlu diketahui, olahraga berjalan ini, perlu dilakukan tambahan 500 langkah setiap harinya. Dengan begitu, menurut hasil penelitian, risiko penyakit kardiovaskular turun sebesar 14%.

Pesan Dooley, seiring bertambahnya usia penting untuk mempertahankan aktivitas fisik. Tetapi sasaran berapa langkah setiap harinya harus dapat dicapai. Di samping tetap aktif, menu makanan sehat dan pola hidup sehat juga perlu dijalani secara konsisten untuk mencegah penurunan kesehatan seiring bertambahnya usia.