Bukan Cuma Balapan, WSBK Mandalika Tawarkan Petualangan Kuliner Nusantara
Kuliner di WSBK Mandalika 2023 (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Gelaran kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 yang berlangsung pada 3-5 Maret 2023 mengundang banyak mata tertuju kepada Indonesia. Tidak hanya ajang aksi balap sepeda motor, WSBK Mandalika 2023 juga menjadi ajang promosi budaya dan kuliner Indonesia kepada dunia.

Diinisiasi Ayomakan, platform digital pemesanan makanan, reservasi restoran, direktori referensi tempat makan, dan review kuliner yang turut serta menggaungkan budaya nusantara yaitu kuliner lokal di ajang ini.

Kuliner merupakan salah satu elemen penting yang membuat pengalaman wisatawan dalam menyelami budaya tuan rumah sebuah destinasi menjadi lebih utuh. Kuliner mampu menceritakan keberagaman budaya masyarakat di suatu daerah wisata, sehingga memperkaya pengalaman perjalanan yang dirasakan oleh wisatawan. Wisata kuliner juga mampu meningkatkan daya saing suatu daerah untuk menjadi destinasi unggulan.

Namun, keanekaragaman kuliner daerah Indonesia saat ini kurang diminati oleh wisatawan lokal maupun internasional, karena terbatasnya akses pemasaran dan kurangnya promosi. Selama berlangsungnya WSBK Mandalika 2023, Nusantara Carnaval yang menyajikan berbagai kesenian lokal, mulai dari sajian food festival, art culture, sampai music festival.

Sebanyak 25 tenant kuliner lokal dan mancanegara pilihan Ayomakan turut berpartisipasi dalam food festival kali ini. "Jika selama ini kita sudah mengenal ayam taliwang, ternyata ada juga olahan ayam pedas lainnya yang tak kalah menggoda, yaitu ayam rarang. Ciri khas dari ayam rarang adalah bumbu pedas berwarna merah merona dari sambal goreng cabai rawit, yang dikenal sebagai bumbu plecing. Pemilihan ayam kampung sebagai bahan utama turut membuat cita rasa ayam rarang semakin nikmat," ujar CEO & Co-Founder PT Esensi Solusi Buana (ESB), Gunawan dalam rilis yang diterima VOI, Senin, 6 Maret.

Beberapa tenant kuliner lokal siap meramaikan food festival di WSBK Mandalika 2023, seperti PIIB Universitas Hamzanwadi, Khueku Lombok, Loka Aroma dan masih banyak lagi. Sementara, tenant kuliner mancanegara seperti Kimukatsu, Nam Heong, Toby’s Estate. Kurasi dilakukan untuk memprioritaskan jenis makanan lokal, namun tetap memberikan pilihan makanan lainnya untuk para pengunjung dari mancanegara.

“Setiap tenant yang dipilih oleh Ayomakan untuk berpartisipasi di acara ini memiliki pilihan menu yang beragam serta harga yang terjangkau, sehingga pengunjung dapat menikmati berbagai macam makanan tanpa perlu khawatir dengan harga yang mahal”, tutup Gunawan.