Daftar Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah Agar Tak Makin Parah
Ilustrasi HB rendah (Pexels/Ron Lach)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hemoglobin (HB) rendah berpengaruh pada kesehatan tubuh. Efeknye bisa berupa pusing hingga lemas. Ketika ini terjadi, penderita disarankan untuk beristirahat dan hati-hati mengonsumsi makanan agar tak tambah parah. Ada beberapa makanan yang dihindari saat HB rendah.

Makanan yang Dihindari Saat HB Rendah

Hemoglobin yang ada dalam darah adalah protein yang mengandung besi dan bermanfaat untuk mengikat oksigen. Selain itu HB bermanfaat untuk membantu mengeluarkan karbon dioksida dalam tubuh. HB yang rendah akan membawa dampak tertentu untuk tubuh, salah satunya anemia. Gejala anemia bisa terlihat saat Anda terlalu banyak makan makanan yang membuat HB makin turun.

Oleh karena itu, saat HB rendah tidak disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

  1. Bawang Putih

Ada baiknya untuk menghindari bawang putih sementara waktu. Pasalnya dalam bawang putih terdapat zat yang akan menurunkan tekanan darah. Zat tersebut dikhawatirkan akan memperburuk kondisi tubuh saat HB rendah.

  1. Bayam

Meski menyehatkan, bayam tidak boleh dikonsumsi saat tubuh dalam kondisi HB rendah. Pasalnya sayuran hijau ini mengandung asam oksalat. Asam ini membuat tubuh berpotensi kehilangan zat besi yang bisa membawa Anda dalam kondisi anemia.

  1. Jagung

Usahakan untuk menghindari olahan jagung. Pasalnya jagung mengandung zat tanin yang akan menghambat penyerapan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jagung menjadi penyebab anemia saat dikonsumsi dalam kondisi HB rendah.

  1. Mi Instan

Mi instan adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Selain itu bumbu mi instan juga mengandung sodium tinggi. Kandungan sodium bisa memperburuk peradangan khususnya untuk Anda yang menderita autoimun.

  1. Kacang

Makanan yang pantang dimakan saat HB rendah selanjutnya adalah kacang karena adanya zat tanin yang juga mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Ada baiknya untuk menghindari segala jenis kacang dan sajian yang terbuat dari kacang.

  1. Apel

Meski apel termasuk buah-buahan, ada baiknya dihindari saat HB rendah khususnya pada ibu hami. Pasalnya, apel mengandung polifenol yang menghambat penyerapan zat besi secara signifikan. Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan anemia.

  1. Produk Susu

Ada banyak makanan yang berbahan dasar susu seperti eskrim. Saat tubuh kekurangan HB lebih baik hindari makanan jenis ini. Pasalnya kandungan mineral pada susu akan mempersulit tubuh menyerap zat besi.

  1. Seledri

Ada baiknya menghindari seledri saat HB rendah. Kandungan heksana dan metanol pada seledri akan memicu turunnya tekanan darah. Hal ini bisa membawa kondisi tubuh makin parah dan berisiko terkena anemia. Anda bisa mengonsumsi seledri saat tubuh benar-benar sehat.

  1. Cokelat

Tahukah Anda bahwa cokelat mengandung asam oksalat? Di beberapa kasus zat ini mampu mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Artinya saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi akan sia-sia jika dibarengi dengan makan cokelat atau makanan lain yang mengandung asam oksalat.

Anda tidak disarankan mengonsumsi cokelat saat masa penyembuhan agar tidak terkena anemia dan pengobatan bisa lebih efektif.

Itulah informasi terkait makanan yang dihindari saat HB rendah. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.